Mari Lebih Tahu Tentang Proses Terjadinya Kehamilan Kembar

Mari Lebih Tahu Tentang Proses Terjadinya Kehamilan Kembar

664
0
SHARE
Mari Lebih Tahu Tentang Proses Terjadinya Kehamilan Kembar
Source : betterparenting.co.za

KabarFemale—Rata-rata orang merasa kagum ketika melihat bayi kembar. Sangat menakjubkan ketika proses terjadinya kehamilan kembar bisa menghasilkan lebih dari satu bayi. Jumlah kehamilan kembar semakin tinggi belakangan ini. Salah-satu penyebabnya adalah peningkatan penggunaan obat kesuburan.

Bagaimana proses terjadinya kehamilan kembar?

Kebanyakan wanita hamil mengetahui kehamilan kembarnya pada USG awal. Meski sebelum 12 minggu kehamilan ada resiko tinggi Vanishing Twin Syndrome, dimana satu bayi berhenti tumbuh dan tersereap kembali ke tubuh ibu atau tetap lahir ketika kembar satunya lahir. Ada beberapa cara untuk proses terjadinya kehamilan kembar:

– Lebih dari satu sel telur terlepas atau ada lebih dari satu ovulasi. Dua atau lebih sel telur dibuahi dan terjadi kehamilan kembar. Ini bisa terjadi dengan atau tanpa obat kesuburan.
– Satu sel telur terlepas dan terbagi dua lalu terbentuk kembar identik. Ini bisa terjadi dengan atau tanpa obat kesuburan.
– Pada kasus bayi tabung, biasanay 3 atau lebih sel telur yang telah dibuahi diletakkan di dalam rahim. Kemungkinan tidak semuanya akan tertanam, meski kadang bisa terjadi.

Beberapa wanita mengalami tingkat pertumbuhan rahim yang cepat sehingga memicu dugaan kehamilan kembar. Tapi untuk kehamilan kedua, perut akan tumbuh lebih cepat dari kehamilan pertama, jadi jangan langsung beranggapan itu kehamilan kembar.

Pada kehamilan kembar, ada beberapa kemungkinan untuk plasenta, tempat implantasi, dan jumlah kantong ketuban. Misalnya, Anda bisa memiliki dua janin, dua plasenta, dan dua kantung ketuban. Atau dua janin dengan satu plasenta dan dua kantong ketuban. Kondisi ini perlu diketahui dengan pasti khususnya berkaitan dengan kantong ketuban.

Hamil bayi kembar bukan situasi yang beresiko tinggi, kecuali bila muncul masalah tertentu. Carilah dokter yang berpengalaman menangani kehamilan kembar agar Anda merasa lebih nyaman.

Secara umum Anda perlu meningkatkan jumlah protein yang dikonsumsi. Protein membantu tiap sel di tubuh ibu dan janin. Protein akan membatu membangun plasenta yang baik dan kantong ketuban yang kuat. Pola makan sehat juga membantu melawan infeksi. Anda perlu bertemu dokter lebih sering di akhir kehamilan. Ada lebih banyak tes pada kehamilan kembar dibanding kehamilan tunggal, misalnya pemeriksaan USG yang lebih banyak, meski tidak selalu demikian.

Ada resiko lebih tinggi untuk komplikasi pada kehamilan kembar. Anda akan dimonitor untuk mengecek komplikasi kehamilan seperti tekanan darah tinggi dan pertumbuhan janin. Yang harus Anda ingat saat hamil kembar adalah untuk selalu menepati jadwal pemeriksaan, menjaga pola makan, dan menghitung tendangan janin.

BFI1503035

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY