Manfaat Madu Lebah Bagi Kesehatan dan Penggunaannya di Dunia Medis

Manfaat Madu Lebah Bagi Kesehatan dan Penggunaannya di Dunia Medis

178
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale—Madu adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah madu dengan menggunakan nektar dari bunga melalui proses regurgitasi dan evaporasi. Manfaat madu lebah bagi kesehatan telah banyak dibuktikan sejak awal masa kerajaan Yunani, Romawai, dan Islam. Madu memiliki tingkat monosakarida, fruktosa, dan glukosa yang tinggi, mengandung sekitar 70 hingga 80 persen gula sehingga memberi rasa yang manis.

Manfaat madu lebah bagi kesehatan

Banyak yang menyatakan kalau madu bisa digunakan di dunia medis. Dan ada banyak pendapat yang mengungkapkan manfaat madu lebah bagi kesehatan.

Menyembuhkan luka
Banyak orang melaporkan efek positif penggunaan madu untuk mengobati luka. Anda bisa oleskan madu pada luka. Setelah pemakaian madu, kondisi luka akan berangsur membaik. Madu juga bisa membantu mengatasi luka bakar. Tapi perlu ditekankan kalau belum ada cukup bukti untuk mendukung hal ini. Penelitian menyebutkan penggunaan madu pada luka pasien tidak memiliki manfaat dibanding antibiotik biasa.

Mengatasi alergi
Beberapa penelitian menyebutkan kalau madu bisa mengurangi reaksi alergi musiman. Madu bahkan mengalahkan fungsi obat batuk dalam mengurangi frekuensi batuk. Meski begitu, konsumsi satu sendok makan madu setiap hari bisa sulit ditoleransi karena rasanya yang sangat manis.

Anti kanker
Bisakah madu membantu melawan kanker? Yang tidak banyak orang tahu adalah madu memiliki kandungan anti tumor. Kini semakin banyak penelitian mengedepankan peran madu dalam mencegah tumor dan kanker.

Membangun sistem kekebalan tubuh
Madu bisa jadi peningkat sistem kekebalan tubuh Anda. Kandungan antioksidan dan antibakteri bisa membantu sistem pencernaan dan membantu Anda tetap sehat dan melawan penyakit. Mulai hari Anda dengan konsumsi madu, sebelum sarapan, campurkan satu sendok makan madu dan jus lemon dari setengah buah lemon ke satu cangkir air hangat dan minum.

Penambah energi alami
Manfaat madu lebah bagi kesehatan lainnya adalah sebagai penambah energi alami. Madu jadi sumber karbohidrat alami yang menyediakan kekuatan dan energi untuk tubuh, madu juga dikenal bisa meningkatkan ketahanan dan mengurangi lelah otot para atlet. Gula alami pada madu bisa mencegah rasa lelah selama berolahraga. Glukosa pada madu diserat oleh tubuh dengan cepat dan memberi peningkatan energi yang cepat, sedang frukotas diserap lebih lambat. Madu juga dikenal bisa menjaga tingkat gula darah tetap konstan dibanding pemanis jenis lain.

AFI150801(21)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY