Manfaat Madu Asli Untuk Tubuh

Manfaat Madu Asli Untuk Tubuh

177
0
SHARE
source : bandungherbal.net.jpg

KabarFemale—Madu memiliki nutrisi dan telah dijadikan sebagai obat selama berabad-abad. Diyakini manfaat madu asli sangat baik untuk kesehatan. Meski begitu, madu tidak baik diberikan pada bayi. Spora dari bakteri Clostridium botulinum yang biasa ditemukan pada debu dan kotoran, bisa mencemari madu, dan memicu botulisme pada bayi serta menghasilkan racun di dalam tubuh dan menyebabkan lemah otot dan masalah pernafasan. Tunggu hingga usia anak 12 bulan sebelum memberikan madu. Konsumsi madu pada orang dewasa lebih aman karena mereka memiliki sistem pencernaan yang telah matang untuk melawan spora ini.

Apa saja manfaat madu asli?

Banyak manfaat madu asli yang bisa Anda peroleh dengan rajin mengkonsumsinya, antara lain:

Mengatasi alergi
Efek anti peradangan dari madu dan kemampuan untuk meredakan batuk memunculkan keyakinan kalau madu juga bisa bisa mengurangi gejala alergi musiman, meski tidak ada penelitian klinis yang membuktikannya. Teori umum mengatakan madu sebagai vaksin alami. Madu bisa memicu respon kekebalan dan produksi antibodi.

Minuman energi alami
Madu jadi sumber energi alami yang sangat baik dengan kandungan 17 gram karbohidrat per satu sendok makan. Gula yang alami ini, langsung masuk ke aliran darah dan bisa meningkatkan energi dengan cepat. Naiknya gula darah jadi sumber energi jangka pendek terutama saat berolahraga.

Meningkatkan memori
Nektar yang manis ini berisi antioksidan yang bisa membantu mencegah kerusakan seluler pada otak. Sebuah penelitian menemukan satu sendok madu setiap hari bisa meningkatkan memori pada wanita setelah menopause, yang bisa menjadi terapi alternatif untuk penurunan intelektual karena hormon. Setelah 4 bulan meminum 20 gram madu setiap hari, wanita kemungkinan memiliki memori jangka pendek yang lebih baik dibanding wanita yang mengkonsumsi pil hormon.

Membantu tidur lebih baik
Madu jadi bantuan yang menyehatkan untuk tidur Anda. Seperti gula, madu bisa menyebabkan naiknya insulin dan pelepasan serotonin. Tubuh mengubah serotonin menjadi melatonin, kumpulan kimi yang mengatur panjang dan kualitas tidur.

Mengatasi ketombe
Madu bisa menyembuhkan kulit kepala akibat ketombe. Penelitian menyebutkan penggunaan madu yang dilarutkan dengan 10 persen air hangat pada area bermasalah di kepala dan dibiarkan selama 3 jam sebelum dibilas bisa menghilangkan ketombe dalam satu minggu. Lesi di kuit sembuh dalam dua minggu dan pasien dengan rambut rontok mengalami kemajuan.

Karena kandungan anti bakteri dan anti jamur, manfaat madu asli lainnya adalah mengatasi seborrheic dermatitis dan ketombe, yang sering disebabkan oleh pertumbuhan jamur. Madu juga memiliki kandungan anti peradangan yang mengatasi kemerahan dan gatal di kulit kepala.

 

 

AFI150801

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY