Makanan Untuk Balita yang Sedang Diare

Makanan Untuk Balita yang Sedang Diare

157
0
SHARE
Source : webmd.com

KabarFemale – Mengetahui bahwa si kecil sedang sakit adalah perasaan paling menyakitkan untuk seorang ibu. Ditambah lagi kalau si kecil tidak mau makan dan terlihat lemas selalu, sedih ya? Nah salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh si kecil adalah diare. Saat sedang sakit ini biasanya si kecil ogah-ogahan makan dan bahkan juga muntah. Maka itu Anda harus tahu bagaimana mencari makanan untuk balita yang bisa dikonsumsi oleh si kecil.

Makanan untuk balita dan tipsnya di bawah ini :

Ketika sedang diare, penanganan pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memberi si kecil larutan oralit. Ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi. Untuk tips memilih makanan untuk balita yang sedang diare :

– Pilih makanan yang gampang ditelan dan dicerna. Ini tidak akan menyusahkan anak yang sedang sakit dan lemas sehingga kan sedikit lambat dalam mengunyah dan menelan. Ditambah lebih baik memberi makanan lembut yang gampang diserap oleh pencernaan balita. Pilih bubur atau tim ya.

– Jus buah boleh diberikan. Tapi pilih buah yang sifatnya netral dan tidak asam atau menimbulkan asam. Yang kami sarankan adalah buah melon.

– Jangan memberi makanan dengan serat seperti mangga atau kubis. Makanan dengan serat tinggi akan memicu munculnya gas pada perut.

– Hentikan dulu pemberian makanan dengan bahan yang berlemak seperti es krim, coklat atau makanan dengan bahan santai. Ini akan membuat pencernaannya makin tidak baik.

– Hindari dulu mencampurkan bumbu-bumbu makanan seperti merica atau rempah yang menyengat. Ini bisa membuat anak makin parah kondisinya. Gula dan garam masih diperbolehkan.

– Untuk membantu menyerap air, pilih makanan dengan kandungan pectin. Beberapa yang bisa Anda berikan adalah apel, pisang, wortel dan kentang.

– Jangan lupa untuk membuat catatan tentang makanan apa yang sudah Anda berikan pada balita dan bagaimana reaksinya. Beberapa makanan atau minuman mungkin tidak cocok dan perlu Anda ketahui sehingga nanti tidak Anda berikan lagi.
Yang harus Anda ketahui ketika anak terserang diare adalah dia akan selalu kekurangan cairan maka penuhi kebutuhan cairannya. Jika dirasa diare tidak hilang dan Anda makin khawatir, segera bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan profesional.

Nah, demikian informasi tentang makanan untuk balita yang sedang sakit diare. Semoga bermanfaat dan semoga cepat sembuh!

BFI15050213

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY