Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Kulit

Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Kulit

162
0
SHARE
source : umardanny.com

KabarFemale—Anda sudah tahu kalau menjalankan pola makan dengan makanan seperti sayuran hijau bisa membantu melawan kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Tapi tahukah Anda kalu makanan tertentu juga baik untuk kesehatan kulit? Apa yang Anda makan bisa mempengaruhi keseimbangan hormon, menyebabkan jerawat, dan menimbulkan atau menurunkan peradangan yang terkait dengan penuaan kulit. Faktanya apa yang Anda makan sama pentingnya seperti serum atau krim yang Anda gunakan pada kulit.

Daftar makanan yang paling baik untuk kesehatan kulit

Minyak zaitun
Minyak zaitun ternyata baik untuk kesehatan kulit Anda. Sebuah penelitian yang mempelajari pola makan 1264 wanita dan ditemukan konsumsi minyak zaitun yang lebih tinggi (lebih dari 8,4 gram atau dua sendok teh setiap hari) terkait dengan 31 persen lebih sedikit tanda penuaan dibanding orang yang makan kurang dari 3,8 gram (sekitar satu sendok teh). Minyak zaitun mengalahkan jenis minyak lainnya. Sekitar 75 persen lemak di minyak zaitun adalah asam lemak tak jenuh. Antioksidan pada minyak zaitun bisa mengatasi kerusakan akibat radikal bebas.

Tomat
Orang yang makan 5 sendok makan pasta tomat setiap hari, bersama dengan satu sendok makan minyak zaitun selama 12 minggu, memiliki 33 persen lebih banyak perlindungan dari terbakar matahari dibanding mereka yang hanya mengkonsumsi minyak zaitun. Antioksidan likopen yang ada pada tomat meningkatkan SPF alami kulit.

Teh hijau
Pada sebuah penelitian di tahun 2011, orang yang minum minuman mengandung teh hijau setiap hari selama 12 minggu memiliki kulit yang lebih elastis dan mulus serta memiliki lebih sedikit kerusakan ketika terpapar sinar UV.

Air putih
Air putih menjaga kulit dari dehidrasi, dan ini berarti mengurangi keriput. Tapi alasan lain memperbanyak minum air putih dibanding minuman lain adalah untuk mengurangi gula. Gula yang ada pada jus, soda, dan minuman lain menyebabkan masalah pada kulit. Ketika tingkat gula darah tinggi, gula bisa menempel pada protein di kolagen dan memproduksi zat yang menyebabkan kulit berkerut.

Tiram
Anda mencari makanan sumber zinc? Tiram memberi lebih dari 500 persen kebutuhan kalori. Mineral pada tiram memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan fungsi sel kulit dan beberapa penelitian menunjukkan kalau penderita jerawat memiliki tingkat zinc di bawah normal.

Kopi
Kesehatan kulit bisa Anda peroleh dari kopi. Wanita yang minum kopi setiap hari memiliki 11 persen resiko lebih rendah menderita kanker kulit dibanding yang tidak minum kopi. Tapi peneliti menganjurkan kebiasaan minum kopi kurang dari 28 gelas seminggu, karena konsumsi yang tinggi bisa memicu masalah kesehatan lain. Yang terpenting adalah tidak berlebihan.

 

 

AFI150801

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY