Makanan Pedas, Apakah Termasuk Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil?

Makanan Pedas, Apakah Termasuk Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil?

205
0
SHARE

KabarFemale—Perlu perhatian khusus terkait dengan makanan sehat untuk ibu hamil. Wanita hamil sering kali mengidam makanan tertentu, termasuk makanan pedas. Tapi banyak orang mengatakan kalau makanan pedas berdampak tidak baik pada kehamilan, apakah hal ini benar?

Makanan pedas dan makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan pedas dan kehamilan bisa berjalan beriringan. Makanan sehat untuk ibu hamil memang sangat penting tapi tak apa makan makanan pedas saat hamil bila perut Anda tidak bermasalah. Meski rasa pedas tidak berbahaya bagi janin, namun bisa mempengaruhi calon ibu dan mengakibatkan masalah pencernaan serta heartburn. Makanan pedas juga bisa memperburuk morning sickness dan Anda selalu dianjurkan untuk makan dari kelompok makanan berbeda saat hamil untuk memastikan Anda dan janin mendapat asupan nutrisi yang sehat.

Makanan pedas tidak akan berbahaya bagi janin. Memang sebagian dari makanan yang Anda makan mengarah ke persediaan ASI, tapi tidak secara langsung mempengaruhi bayi. Bahkan hal ini bisa baik bagi bayi, karena memaparkan variasi makanan yang berbeda. Wanita yang tinggal di negara yang dikenal karena kuliner pedas tidak melakukan perubahan pada pola makan ketka hamil dan hal ini tidak memberi pengaruh pada bayi.

Makanan pedas tidak memicu persalinan sebelum waktu. Ada banyak mitos terkait makanan pedas dan persalinan. Tapi semua hanya mitos, makanan pedas tidak menstimulasi persalinan, keguguran atau persalinan sebelum waktu. Seperti yang telah disebutkan, beberapa makanan pedas bisa memperburuk morning sickness.

Anda perlu mewaspadai masalah terkait makanan pedas dan kehamilan. Berikut ini beberapa hal penting yang perlu diingat:
– Waspadai tanda heartburn.
– Penting untuk mengidentifikasi makanan yang mempengaruhi Anda agar Anda bisa menghindarinya. Bila makanan tertentu menyebabkan heartburn, akan lebih baik jika menggantinya.

Makan makanan pedas dengan cara tepat
Untuk memastikan Anda tidak mengalami efek negatif seperti heartburn, sebaiknya Anda lebih dulu mencoba makanan pedas dalam jumlah kecil. Anda perlu berhati-hati ketika mengkonsumsi makanan pedas yang dijual tanpa pengemasan yang baik, karena makanan ini bisa saja terkontaminasi.

Meski makanan pedas aman selama hamil, tidak semua makanan aman. Para calon ibu harus menghindari daging, telur, unggas, dan makanan laut yang tidak matang dan mentah. Produk susu tanpa proses pasteurisasi, alkohol, teh herbal, kafein, buah dan sayur yang tidak dicuci juga masuk zona larangan. Makanan lain yang harus dihindari adalah ikan dengan kandungan merkuri tinggi. Makanan ini berbahaya bagi janin dan bisa mengakibatkan cacat lahir serta penyakit.

BFI150403(21)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY