Makanan Kaya Protein Untuk Kehamilan

Makanan Kaya Protein Untuk Kehamilan

250
0
SHARE
Source : pregnancydiary.org

Bukan perut saja yang membesar saat hamil, begitu juga kebutuhan protein Anda. Wanita hamil membutuhkan protein dengan jumlah dua kali lebih banyak untuk kehamilan dan janin yang sehat. Jadi sangat penting mengkonsumsi makanan yang kaya protein.

Protein dibutuhkan untuk membangun fungsi tubuh pada kulit, otot, rambut, serta tulang. Asupan protein yang cukup memastikan pertumbuhan janin normal dan mencegah berat badan lahir rendah, dan menjaga kesehatan jaringan tubuh pada ibu.

Ketika hamil atau menyusui, kebutuhan protein Anda naik dari 46 gram menajdi 71 gram atau lebih bila Anda mengandung janin kembar. Ini artinya Anda perlu tambahan 25 gram protein per hari. Tapi jangan terlalu khawatir dengan penghitungan ini, kebanyakan wanita mendapat protein lebih dari cukup dari makanan mereka. Tapi beberapa sumber protein lebih baik dibanding yang lain untuk tubuh dan janin. Berikut ini beberapa saran untuk membantu Anda mendapat cukup protein.

Telur

Ada banyak alasan untuk menyertakan telur dalam menu makanan Anda. Satu telur ukuran besar memiliki setidaknya 6 gram protein, 2,7gram pada kuningnya dan 3,6 gram pada putih telurnya. Bagaimanapun cara Anda memasaknya, telur selalu bisa Anda jadikan menu sarapan, makan siang, atau makan malam. Saat hamil, Anda bisa membuat omelet, berkreasilah dengan berbagai bumbu agar tidak membosankan.

Daging

Daging tanpa lemak lebih sehat untuk jantug Anda. Semakin berkurang lemak pada daging, semakin banyak kandungan proteinnya. Daging masak 3,5 ons mengandung 31 hingga 33 gram protein. Tambahkan porsi kecil daging pada sup, salad, nasi, atau mie serta sayur Anda.

Ikan

Makanan laut memiliki kandungan protein yang tinggi dan aman dikomsumsi selama Anda memilihnya dengan benar. Anda bisa mengkonsumsi hingga 12 ons makanan laut rendah merkuri selama hamil atau menyusui.

Semua jenis ikan terutama salmon dan sardin memiliki rasa yang enak bila dimasak menggunakan bahan berkandungan asam seperti lemon, jeruk nipis, cuka, yoghurt, tomat, atau acar.

Susu

Susu sangat bagus untuk wanita hamil. Satu gelas susu mengandung 8 gram protein, susu kedelai bervariasi dari 3 hingga 11 gram protein per gela,s bergantung mereknya. Satu gelas susu tanpa lemak bubuk mengandung 43 gram protein. Satu gelas yoghurt mengandung antara 8 hingga 13 gram protein, bergantung seberapa banyak lemak yang ada didalamnya. Dua ounce keju memeberi 17 hingga 20 gram protein. Pastikan keju yang Anda konsumsi bebas dari bakteri Listeria yang meski jarang, tapi bisa berbahaya bagi Anda dan janin.

AFI150101

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY