Latihan Fisik Setelah Bedah Sesar

Latihan Fisik Setelah Bedah Sesar

185
0
SHARE
source : bidanku.com

KabarFemale—Setelah menjalani bedah sesar, tak ada waktu yang tepat untuk kapan Anda bisa mulai berolahraga. Ini tergantung pada proses pemulihan tiap individu, karena tiap kelahiran berbeda, juga bergantung pada tingkat kebugaran yang dijaga selama kehamilan. Kelahiran sesar membutuhkan waktu pemulihan lebih lama dibanding kelahiran alami. Dua minggu setelah bedah sesar, olahraga jalan kaki aman bagi kebanyakan wanita selama tidak ada komplikasi. Perhatikan tubuh Anda untuk mengantisipasi hal seperti pendarahan, nyeri, atau sobekan pada area bedah.

Beberapa ahli berpendapat tak apa perlahan melakukan latihan fisik setelah Anda merasa siap. Tapi bidan atau dokter mungkin ingin Anda menunggu hingga 6 minggu setelah melahirkan agar mereka bisa memastikan Anda bisa melakuan olahraga. Bila Anda melahirkan secara normal dan berolahraga selama hamil, maka aman untuk mulai latihan fisik ringan seperti berjalan kaki dan perenggangan dalam beberapa hari setelah melahirkan.

Bila Anda menjalani bedah sesar, konsultasikan ke dokter dan tunggu hingga Anda benar-benar sembuh dari operasi sebelum memulai olahraga. Luka akibat bedah sesar membutuhkan beberapa minggu untuk sembuh. Bila Anda sangat aktif selama hamil, konsultasikan pada bidan sebelum Anda mulai berolahraga rutin. Persendian Anda masih terasa longgar selama 3 hingga 5 bulan, karenanya Anda perlu sangat berhati-hati ketika berolahraga untuk menghindari insiden terjatuh.

Olahraga memang baik untuk Anda. Tapi tidak disarankan berlebihan melakukannya selama beberapa bulan pertama setelah melahirkan. Anda perlu waktu untuk melakukan penyesuaian dengan peran baru sebagai seorang ibu dan tubuh butuh waktu untuk pulih.

Salah-sastu latihan fisik yang bisa dilakukan setelah bedah sesar adalah latihan kardiovaskuler. Anda perlu membuang lemak yang Anda dapat selama hamil untuk mendapat perut yang rata. Anda bisa melakukan latihan kardiovaskuler untuk membakar kalori dan meningkatkan detak jantung. Anda bisa mulai dengan berenang, berjalan kaki, atau bersepeda.

Lebih dulu lakukan perenggangan otot karena tubuh dan otot dalam proses perubahan dan akan kembali ke bentuk awal. Anda bisa berjalan kaki bersama si kecil bila cuaca memungkinkan. Lakukan jalan kaki perlahan dengan bayi berada di kereta dorong dan ajak teman atau pasangan untuk menemani. Anda bisa lakukan jalan kaki selama 15 menit setiap hari selama satu minggu.

Melakukan pekerjaan rumah juga jadi olahraga yang baik. Pekerjaan rumah membantu Anda membakar kalori. Mengepel lantai dan mencuci pakaian jadi cara untuk membantu aliran darah mengalir di otot.

 

AFI150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY