Konsumsi Kafein Selama Hamil

Konsumsi Kafein Selama Hamil

147
0
SHARE
source : abatasa.co.id

KabarFemale—Kafein memang memiliki kekuatan tapi juga bisa membuat kalsium dan nutrisi kehamilan lainnya keluar dari sistem tubuh sebelum sepenuhnya terserap. Efek kafein lainnya adalah sering buang air kecil. Tanpa kafein Anda akan sering buang air kecil saat hamil. Terlebih lagi kafein memiliki efek yang membuat mood swings menjadi lebih intens.

Kafein mempengaruhi bayi melalui plasenta tapi belum pasti tentang seberapa banyak dampaknya ketika sudah mencapai plasenta. Dua cangkir kopi sehari (sekitar 200 mg per hari) masih dibolehkan, tapi asupan kafein yang lebih berat (sekitar 5 hingga 6 gelas sehari) bisa meningkatkan resiko keguguran.

Jadi apa yang bisa Anda lakukan berkaitan dengan minuman yang ibarat bahan bakar Anda di pagi hari ini? Selalu lebih baik untuk berhati-hati ketika Anda hamil, kurangi konsumsi kafein atau berhenti sepenuhnya. Terasa sulit? Berikut ini beberapa cara untuk membuat prosesnya jadi lebih mudah.

– Selalu ingat kenapa Anda melakukannya. Tentu Anda tahu kenapa harus menghindari kafein selama hamil, tapi teruslah mengingat hal ini. Ini yang baik untuk Anda dan juga janin.

– Lakukan secara perlahan. Langsung berhenti minum kopi ketika biasanya Anda minum 6 cangkir kopi setiap hari tentu akan terasa sangat berat, selain membuat Anda merasa lelah dan sakit kepala. Jadi sebaiknya kurangi secara perlahan. Mulai dengan mengurangi satu cangkir per hari hingga Anda tebiasa hanya minum 2 cangkir per hari, atau lanjutkan hingga Anda benar-benar berhenti minum kopi.

– Cari tahu apa yang Anda suka dari kafein. Bila rasa kopi yang Anda cari, Anda bisa beralih ke kopi decaf dan menimati rasanya tanpa kafein. Atau apakah Anda ketagihan dengan energi yang diperoleh dari kafein? Dapatkan energi dengan cara yang lebih sehat seperti dari cemilan karbohidrat kompleks dan protein. Anda bisa memperolehnya dari keju dan biskuit atau buah kering dan kacang, olahraga teratur, dan tidur yang cukup.

– Dapatkan energi dengan cara lain. Makan dalam porsi kecil dan sering serta ngemil adalah hal baik yang bisa Anda lakukan saat hamil, dan jadi lebih baik ketika Anda berusaha mengurangi kafein dari sistem tubuh. Ini akan membuat energi tetap stabil dengan menjaga gula darah tidak turun. Vitamin pranatal juga mambantu menjaga stamina tanpa kafein. Sekarang kumpulkan uang yang biasa Anda gunakan untuk membeli kopi di dalam cangkir kopi Anda setiap hari dan setiap akhir pekan gunakan uang itu untuk memanjakan diri, dengan pergi ke salon misalnya.

 

AFI150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY