Khasiat Minyak Kelapa

Khasiat Minyak Kelapa

219
0
SHARE
© fairwaymarket

RajaNego—Minyak kelapa telah berabad-abad digunakan dalam masakan dan memiliki banyak manfaat. Menggunakan minyak kelapa tidak memiliki efek merugikan pada kesehatan penggunanya. Banyak yang berpikir minyak kelapa hanya digunakan pada perawatan rambut atau kulit dan bukan untuk memasak. Kenyataannya, minyak kelapa banyak dipakai untuk memasak di area tropis, dimana kelapa tumbuh berlimpah.

Di era 60-70an, beberapa penelitian mencoba membuktikan bahwa lemak jenuh berbahaya dan harus dihindari. Ini membuat orang berpaling dari minyak kelapa, tapi kini penggunaan minyak kelapa kembali populer.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidak semua lemak jenuh buruk untuk kesehatan, minyak kelapa salah-satunya. Beberapa lemak jenuh bisa meningkatkan tingkat kolesterol dalam darah, tapi meski begitu, kolesterol ini tidak selalu menjadi kolesterol yang jahat.

Ada dua jenis kolesterol, High Density Lipoproteins (kolesterol baik) dan Low Density Lipoproteins (kolesterol jahat). Ketika kolesterol jahat berada di dinding dalam arteri dan mengancam jantung, pada kasus ekstrim, bisa mengakibatkan serangan jantung, kolesterol baik melakukan sebaliknya. Kolesterol baik membantu mengurangi tingkat kolesterol jahat, memberi energi dan nutrisi pada sel.

Anda tentu senang mengetahui minyak kelapa memiliki asam lemak jenuh yang dapat meningkatkan tingkat High Density Lipoproteins di tubuh, mengurangi kolesterol jahat, meningkatkan kekebalan, dan melawan penuaan, serta meningkatkan metabolisme, juga mengurangi berat badan.

Penting untuk diketahui bahwa tubuh bereaksi berbeda pada jenis makanan berbeda. Bagi beberapa orang, tingkat kolesterol bisa meningkat setelah mengkonsumsi minyak kelapa. Karenanya, jika Anda berencana mulai menggunakan minyak kelapa untuk mengurangi berat badan, periksa tingkat kolesterol secara teratur.

Selain aspek kesehatan, ada hal penting lain tentang minyak kelapa, yakni rasanya. Minyak kelapa memiliki rasa yang enak sehingga menjadi medium memasak yang ideal. Anda bisa menggunakannnya untuk menggoreng dan menikmati aroma lezatnya ketika memasak.

Minyak kelapa digunakan di berbagai industri, perawatan kulit dan rambut hanya beberapa diantaranya. Penting untuk diingat bahwa minyak kelapa yang bisa dimakan berbeda dengan minyak yang digunakan untuk kulit dan rambut. Minyak kelapa yang bisa dimakan tersedia dalam berbagai jenis.

Minyak kelapa bisa disimpan dengan aman dan mudah untuk waktu lama. Ini karena kurannya lemak tak jenuh ganda pada minyak kelapa yang membantu memperlambat minyak dari berbau tengik. Bau tengik menandakan rasa yang tidak enak dan tidak bagus lagi untuk digunakan. Proses ini lebih cepat terjadi jika makanan mengandung minyak tak jenuh.

Sebagai tambahan, minyak kelapa harganya cukup terjangkau, setidaknya jika dibandingkan dengan minyak zaitun. Juga karena padat dan stabil, memasak dengan minyak kelapa tidak membutuhkan jumlah yang banyak, sehingga bisa menghemat lebih banyak uang Anda.

 

AFI150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY