Ketika Anak Di-bully Karena Gemuk

Ketika Anak Di-bully Karena Gemuk

209
0
SHARE
Ketika Anak Di-bully Karena Gemuk
Source: ruangpsikologi.com

KabarFemale—Bila anak pulang dari sekolah dan berbicara tentang merasa gemuk, mungkin ia baru saja di-bully tentang berat badannya. Anak dengan kelebihan berat badan lebih mungkin di-bully dibanding anak dengan berat badan sehat.

Semua tindakan bullying tentu tidak bisa dibenarkan. Anda perlu menenangkan anak dan membuatnya merasa dicintai. Bila anak Anda kelebihan berat badan, Anda bisa menggunakan ini sebagai kesempatan untuk membantunya menjadi lebih sehat.

Berikut ini beberapa tips tentang bagaimana berbicara pada anak yang di-bully karena berbadan gemuk. Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat anak nyaman dan merasa dicintai, tenangkan hatinya dengan mengatakan Anda akan membantunya mengatasi situasi ini bersama.

Jelaskan padanya bahwa bullying adalah tindakan salah. Tanyakan apakah ia ingin Anda berbicara pada guru atau kepala sekolah untuk menjelaskan apa yang terjadi. Mulailah percakapan dengan anak tentang perasaannya ketika di-bully. Bila ia merasa apa yang dikatakan teman-temannya membuatnya ingin mengurangi berat badan, ganti fokusnya untuk menjadi sehat, bukan mengurangi berat badan. Buat perencanaan bersamanya. Ketika anak dilibatkan dalam proses ini, dengan memilih makanan dan aktifitas yang sehat, misalnya, ia akan lebih mungkin menerima rencana yang dibuat dan tetap menjalaninya. Tekankan kalau ia bisa lebih sehat, baik dengan berolahraga atau makan dengan pola makan lebih baik.

Untuk memastikan anak mengikuti program nutrisi dan olahraga yang telah dibuat, rencanakan untuk berbicara pada dokter anak atau dokter keluarga. Beritahu dokter kalau Anda ingin ia berbicara pada anak tenang berat badan yang sehat. Dokter juga bisa mengukur tinggi dan berat badan anak untuk menghitung indeks massa tubuhnya.

Dokter bisa berbicara pada anak Anda, memotivasinya tentang pentingnya makan makanan sehat dan melakukan olahraga teratur. Penting untuk melibatkan seluruh keluarga pada perubahan program kesehatam manapun, baik makanan yang lebih sehat atau olahraga yang lebih teratur, sehingga anak yang memiliki berat badan tidak sehat tidak merasa sendirian. Duduklah sebagai keluarga dan biarkan tiap anggota keluarga memberi saran tentang cara untuk bisa menjadi lebih sehat. Coba fokus pada satu tujuan pada tiap satu atau dua minggu. Sebagai permulaan yang bisa Anda lakukan:
– Sajikan sayur pada tiap waktu makan
– Keluar rumah dan bergerak aktif setiap hari selama 30 menit
– Makan dua buah setiap hari
– Makan makanan siap saji tidak lebih dari sekali dalam satu minggu.

AFI150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY