Ketahui Pantangan Untuk Ibu Hamil Muda Agar Kehamilan Anda Selalu Sehat

Ketahui Pantangan Untuk Ibu Hamil Muda Agar Kehamilan Anda Selalu Sehat

331
0
SHARE
Pantangan Untuk Ibu Hamil Muda
Source : huffingtonpost.co.uk

KabarFemale—Beberapa perubahan selama hamil bisa meningkatkan kesehatan Anda dan janin. Misalnya, Anda tahu pentingnya mengkonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup. Tapi tahukah Anda kalau kotoran kucing menjadi salah-satu pantangan untuk ibu hamil muda? Penyinaran dengan sinar X pada bagian perut juga bisa berbahaya untuk janin. Beberapa hal berikut ini menjadi bagian dari pantangan untuk ibu hamil muda yang perlu Anda ketahui.

Pantangan untuk ibu hamil muda selama trimester pertama

Source : .foodnculture.com
Source : .foodnculture.com

Makanan

Makanan yang menjadi pantangan untuk ibu hamil muda termasuk daging mentah atau kurang matang, keju lembut, makanan laut, dan telur mentah. Semua makanan ini bisa menjadi sumber bakteri dan parasit yang berbahaya. Infeksi karena bakteri bisa menyebabkan keracunan makanan yang parah. Infeksi parasit toksoplasma selama trimester pertama bisa menuju ke plasenta dan membahayakan janin. Jauhi makanan laut yang tinggi kandungan merkuri yang bisa merusak perkembangan sistem saraf bayi dan menyebabkan keterlambatan perkembangan dan kerusakan otak.


 

Source: bimbisaniebelli
Source: bimbisaniebelli

Merokok

Ketika Anda merokok, janin terpengaruh oleh bahan kimia yang ada di dalam rokok. Ada peningkatan resiko kerusakan kantong ketuban, keguguran, dan kematian saat lahir. Penelitian menemukan kalau bayi yang lahir dari ibu yang merokok selama hamil memiliki tingkat nikotin yang sama di aliran darah seperti orang dewasa yang merokok.

Merokok pasif dan aktif selama hamil meningkatkan resiko kematian dan masalah perilaku pada bayi dan terkait dengan kematian bayi. Wanita yang merokok tiga kali lebih beresiko memiliki bayi yang menderita meningitis. Mengunyah tembakau selama hamil mengurangi usia gestasional saat lahir dan menurunkan berat badan lahir.


 

Source : interesting-relationships.com
Source : interesting-relationships.com

Alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa merusak perkembangan mental dan fisik bayi yang dikenal dengan sindrom alkohol janin. Kondisi ini bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan mulai dari gangguan perilaku dan kerusakna IQ serta ADHD (attention deficit hyperactivity disorder).


 

Source : yours.ie
Source : yours.ie

Mandi Air Panas & Sauna

Hindari dua hal ini, karena terkait dengan peningkatan resiko keguguran. Juga bisa meningkatkan suhu tubuh yang dapat menyebabkan dehidrasi dan mengancam keselamatan bayi yang sedang berkembang.


 

Source : powerhousegymchorley.co.uk
Source : powerhousegymchorley.co.uk

Diet

Diet saat hamil bisa membuat Anda kekurangn zat besi, asam folat, vitamin, dan mineral. Bila Anda kelebihan berat badan ketika hamil, dokter bisa menyarankan penurunan berat badan, tapi harus dilakukan atas pengawasan dokter.


 

(c) Iflmedicine
(c) Iflmedicine

Stres

Stres tingkat tinggi bisa mempengaruhi kesehatan janin dan meningkatkan kemungkinan keguguran. Stres dan depresi menstimulasi produksi hormon tertentu di tubuh dan bisa mengurangi aliran oksigen ke rahim serta mempengaruhi pertumbuhan janin.

BFI15030345

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY