Kesehatan Anak: Merawat Anak Yang Sakit

Kesehatan Anak: Merawat Anak Yang Sakit

172
0
SHARE
source : kompas.com

KabarFemale—Kesehatan anak pasti jadi perhatian setiap orangtua.  Bila anak Anda sakithal yang paling penting adalah mendengarkannya. Bila anak merasa tidak perlu berbaring di tempat tidur, bisa jadi memang demikian. Anak mungkin merasa lebih nyaman berbaring dengan selimut di sofa.

Merasa nyaman ketika kesehatan anak menurun

Meski kesehatan anak menurun, ketika berada di tempat tidur atau sofa, beberapa hal berikut akan membantu anak merasa lebih baik:
– Ruangan tidak sumpek. Bila ruangan terlalu hangat anak akan merasa semakin tidak nyaman.

– Beri anak banyak minum. Untuk hari pertama jangan terlalu memaksakan anak makan. Setelah itu mulai bujuk anak untuk makan dan minum minuman bernutrisi seperti susu.

– Anak yang sakit merasa sangat lelah dan perlu banyak istirahat. Ajak anak beristirahat dengan membacakan cerita.

– Jangan tidur bersama anak atau bayi yang sedang sakit karena ini bisa meningkatkan resiko sindrom kematian mendadak pada bayi (sudden infant death syndrome /SIDS).

SIDS jarang terjadi dan beberapa hal berikut bisa menurunkan resikonya:
– Tidurkan bayi di posisi telentang, di ruangan yang sama dengan Anda selama beberapa bulan pertama.

– Jangan merokok selama hamil atau menyusui dan jangan biarkan orang merokok di ruangan yang sama dengan bayi Anda. Bayi yang terpapar asap rokok sebelum dan setelah lahir lebih beresiko mengalami SIDS. Jangan biarkan siapapun merokok di dalam rumah, termasuk tamu. Minta orang yang merokok untuk keluar ruangan. Jangan bawa anak ke tempat yang banyak asap rokok. Jangan berada di tempat tidur yang sama dengan bayi bila Anda minum alkohol, menggunakan narkotik, atau merokok.

– Jangan tidur bersama bayi di atas sofa

– Jangan biarkan anak kepanasana atau kedinginan. Kepanasan bisa meningkatkan resiko SIDS. Bayi bisa kepanasan karena pakaian yang terlalu tebal, atau karena ruangan yang panas.

– Biarkan kepala bayi tidak tertutup. Selimut tidak boleh lebih tinggi dari bahu bayi.

Merawat anak yang sakit meski hanya dalam beberapa hari merupakan hal yang melelahkan. Buat segalanya lebih mudah untuk Anda. Coba istirahat dan tidur sebisa mungkin dan minta bantuan orang lain agar Anda juga bisa istirahat.

Dokter bisa menyarankan cara merawat kesehatan anak. Dokter bisa mengobati anak dan meresepkan obat. Perawat juga bisa mendiagnosa penyakit dan meresepkan obat untuk anak.Hubungi dokter bila anak menunjukkan tanda penyakit serius, atau langsung bawa ke rumah sakit.

 

 

AFI150901

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY