Keluhan yang Terjadi Saat Usia Kehamilan 6 Bulan

Keluhan yang Terjadi Saat Usia Kehamilan 6 Bulan

802
0
SHARE
Keluhan yang Terjadi Saat Usia Kehamilan 6 Bulan

KabarFemale – Saat hamil, seorang wanita yang sedang hamil tentu harus menjaga kesehatan mereka. Apalagi ketika usia kehamilan 6 bulan, banyak sekali keluhan yang terjadi. Di trimester kedua ini, ibu hamil harus lebih berhati-hati dan lebih menjaga kehamilannya. Karena hari persalinan tinggal sedikit lagi, jadi Anda harus bijak dan tahu bagaimana menyikapi segala yang terjadi.

Keluhan selama usia kehamilan 6 bulan

Tidak banyak berbeda dari trimester pertama, pada usia kehamilan 6 bulan masih juga banyak keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil. Apa sajakah itu?

Back Pain

Seiring dengan bertambahnya usia janin dalam kandungan, semakin berat juga bayi. Ini tentu akan memberikan tekanan pada perut dan juga punggung. Karena itu normal sekali jika ibu hamil usia 6 bulan mengalami sakit pada area punggung. Agar tidak semakin sakit Anda bisa mengurangi aktivitas yang berat. Dan juga jaga posisi tubuh selalu tegak dan tidak membungkuk.

Keputihan

Tidak perlu khawatir jika Anda mengalami keputihan saat hamil tua. Ini terjadi karena peningkatan hormon sehingga produksi cairan vagina menjadi bertambah. Namun jika Anda merasakan keputihan yang tidak biasa seperti timbulnya gatal, iritasi, berbau menyengat atau warna yang tidak biasa, Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Ini dilakukan demi menghindari infeksi jamur atau juga bakteri.

Kembung

Beberapa ibu hamil mengalami kembung. Ini umumnya terjadi karena beberapa faktor seperti hormon kehamilan, gerak usus yang berkurang, tekanan pada lambung juga meningkatnya estrogen dan progesteron. Anda bisa mengonsumsi obat maag yang aman untuk ibu hamil. Atau Anda bisa meminta obat dari resep dokter kandungan Anda.

Kontraksi Palsu

Atau juga disebut dengan Braxton hicks. Ini terjadi karena janin sudah makin aktif dan kuat bergerak sehingga Anda merasakan kontraksi dan merasa akan melahirkan. Hal ini tidak termasuk hal yang membahayakan, jadi Anda tidak perlu khawatir.

4 keluhan di atas adalah yang sering terjadi ketika kehamilan memasuki usia 6 bulan. Anda patut waspada namun jangan terlalu khawatir atau parno. Dengan begitu, Anda harus melakukan hal-hal seperti kontrol kehamilan, minum air yang cukup, konsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi dan juga olahraga ringan atau senam hamil. Jaga kesehatan Anda karena Anda juga akan menjaga kesehatan bayi Anda. Selamat menunggu hari kelahiran ya!

BFI15030247

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY