Kelahiran Normal Setelah Bedah Sesar

Kelahiran Normal Setelah Bedah Sesar

183
0
SHARE
Source : pregnancyandbaby.com

Bila sebelumnya melahirkan melalui bedah sesar, pada kesempatan berikutnya Anda bisa melahirkan secara normal. Ini disebut kelahiran normal setelah bedah sesar (vaginal birth after cesarean/VBAC).

Jika dokter setuju dengan VBAC, Anda akan menjalani “percobaan persalinan setelah bedah sesar.” Ini berarti Anda merencanakan menjalani persalinan untuk melahirkan secara normal. Tapi seperti pada persalinan umumnya, sulit untuk mengetahui apakah VBAC bisa berhasil. Tetap ada kemungkinan untuk bedah sesar. Sebanyak 4 dari 10 wanita yang mencoba persalinan normal tapi berakhir dengan bedah sesar.

Melahirkan normal setelah sesar bisa menjadi pilihan yang aman bagi kebanyakan wanita. Tapi ini bergantung beberapa hal, termasuk kenapa dan bagaimana bedah sesar sebelumnya. Anda dan dokter bisa membicarakan resiko masalah yang mungkin muncul selama percobaan persalinan. Wanita yang memilih VBAC akan dimonitor dengan seksama. Jika ibu atau bayi menunjukkan tanda adanya masalah, bedah sesar darurat akan dilakukan.

Keuntungan VBAC dibanding bedah sesar antara lain :
– Menghindari luka tambahan pada rahim. Ini penting jika Anda masih ingin hamil lagi. Semakin banyak luka pada rahim, semakin besar kemungkinan masalah di kehamilan berikutnya.
– Mengurangi rasa sakit setelah melahirkan.
– Mengurangi waktu tinggal di rumah sakit dan mempercepat penyembuhan di rumah.
– Resiko infeksi yang lebih rendah.

Resiko paling serius dari percobaan persalinan adalah luka bekas sesar bisa terbuka selama persalinan. Tapi ini jarang terjadi. Dan bila terjadi, bisa berakibat serius bagi ibu dan bayi. Resiko luka akan terbuka sangat rendah selama VBAC bila Anda hanya mendapat luka sesar rendah dan persalinan Anda tidak dimulai dengan obat. Ini menjadi alasan kenapa VBAC sering hanya ditawarkan oleh rumah sakit yang bisa melakukan bedah sesar darurat. Bila Anda menjalani persalinan percobaan dan ternyata harus menjalani bedah sesar, resiko infeksi lebih tinggi dibanding jika Anda hanya menjalani sesar.

Kemungkinan VBAC akan berhasil bila:
– Anda tidak mengalami kondisi yang memicu bedah sesar sebelumnya, seperti posisi bayi yang sungsang.
– Anda pernah melahirkan normal atau VBAC yang berhasil sebelumnya.
– Persalinan dimulai dengan sendirinya dan serviks membuka dengan baik.
– Usia anda lebih muda dari 35 tahun.

Keberhasilan VBAC menjadi lebih rendah bila:
– Bedah sesar sebelumnya disebabkan persalinan yang sulit.
– Anda mengalami obesitas.
– Usia Anda lebih dari 35 tahun.
– Janin sangat besar.
– Kehamilan Anda lebih dari 40 minggu.
– Kehamilan terakhir Anda kurang dari 18 bulan yang lalu.

AFI150101

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY