Yuk, Hitung Berapa Minggu si Dedek dengan Kalkulator Usia Kehamilan

Yuk, Hitung Berapa Minggu si Dedek dengan Kalkulator Usia Kehamilan

425
0
SHARE
Yuk, Hitung Berapa Minggu si Dedek dengan Kalkulator Usia Kehamilan
Source: Vk.me

KabarFemale — Selamat ya, bunda, atas berita bahagia kehamilan Anda. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana caranya menghitung, mungkin akan menjadi sangat membingungkan jika menghitung berapa minggu usia kehamilan Anda. Hal ini karena kebanyakan dokter ataupun bidan menghitung usia kehamilan mengacu pada total masa hamil yakni selama 40 minggu.

Dokter dan bidan memang melakukan penghitungan usia kehamilan itu berdasarkan minggu dengan dibagi dalam 3 trimester, hal ini pun dapat memberikan hasil penghitungan yang lebih akurat. Biasanya, rata-rata total usia kehamilan adalah 40 minggu atau sekitar 280 hari dari hari pertama haid terakhir atau biasa disebut dengan HPHT.

Pada kehamilan umum biasanya dikenal dengan “usia gestasional” berbanding “usia perkembangan janin” hal ini dapat dihitung dari rata-rata masa kehamilan atau bisa lebih cepat biasanya 38 minggu sesudah konsepsi. Dengan menggunakan cara penghitungan seperti ini maka dapat disimpulkan jika usia kehamilan Anda telah mencapai dua minggu ketika konsepsi sedang terjadi.

Namun sekarang Anda juga bisa menghitungnya menggunakan Kalkulator Usia Kehamilan dengan cara sebagai berikut:

Cara ini dapat juga Anda sebut dengan metode Neagele, yaitu dengan menambahkan 7 hari pada HPHT untuk mendapatkan hasil tanggal dan dengan menambahkan 9 bulan pada bulan terakhir Anda haid.

Misal :
HPHT tanggal 15 Oktober
ditambah 7 hari 9 bulan
22 Juli (HPL: Hari Perkiran Lahir)

Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa Hari Perkiraan Lahir atau HPL bayi Anda adalah pada tanggal 22 bulan Juli di mana usia kehamilan telah memasuki masa 30 minggu. Hal ini dihasilkan dari penambahan 7 hari pada tanggal dan 9 yang mengacu pada rata-rata masa kehamilan 9 bulan untuk memperoleh perkiraan bulan lahir.

Anda juga dapat menghitung usia hamil menggunakan Kalkulator Usia Kehamilan ini dengan mengacu pada siklus haid normal Anda yaitu antara 28 hingga 30 hari. Jadi, pastikan Anda selalu memperhatikan siklus haid Anda ya, bunda. Tetapi bunda, hasil tersebut hanyalah perkiraan yang mendekati, selebihnya banyak juga yang melahirkan pada tanggal yang lebih cepat atau lebih lambat dari hitungan perkiraan. Kapan pun bayi Anda lahir, yang terpenting adalah kesehatan Anda dan janin ya, bunda.

Bagaimana? Sekarang Anda sudah bisa menghitung usia kehamilan sendiri ‘kan, bunda, dengan menggunakan Kalkulator Kehamilan dan metode Neagele. Mudah bukan?

BFI15020117

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY