Yang Terjadi pada Kehamilan Bulan ke-4

Yang Terjadi pada Kehamilan Bulan ke-4

337
0
SHARE
Yang Terjadi pada Kehamilan Bulan ke-4
Source: photobucket

KabarFemale — Selamat datang di trimester kedua! Biasanya dimulai pada kehamilan 4 bulan menjadi bagian kehamilan yang menyenangkan bagi sebagian besar wanita. Energi Anda meningkat, Anda dan bayi memasuki periode perkembangan pertumbuhan yang cepat, jadi nikmati momen ini.

Bayi Anda di kehamilan 4 bulan

Memasuki kehamilan 4 bulan, bayi Anda saat ini sibuk dengan tertidur, menelan, bahkan menghisap jari serta menggunakan kemampuan refleksnya yang baru. Tinggi badannya mulai menyusul ukuran kepala. Di akhir bulan ini ia berukuran panjang sekitar 6 hingga 8 inci dan berat badan sekitar 6 ounce.

Tubuh Anda di kehamilan 4 bulan

Bila di bulan sebelumnya Anda belum terlihat hamil, kemungkinan di akhir bulan ini perut Anda sudah terlihat membuncit. Rahim kini seukuran buah kol, dan letaknya tepat di bawah pusar. Selera makan Anda cenderung naik bulan ini. Sekitar 60 persen total berat badan kehamilan akan didapat pada trimester ini (sekitar 11 hingga 15 pound).

Berhati-hatilah dengan apa yang Anda makan untuk memastikan asupan nutrisi yang mencukupi bagi Anda dan bayi. Gunakan pakaian yang longgar, dan pastikan bra kehamilan sesuai dengan ukuran payudara Anda. Di bulan ini Anda merasakan perubahan pada warna kulit di wajah, payudara, dan lengan. Puting dan areola mulai berwarna gelap.

Heartburn menjadi masalah yang Anda alami ketika rahim terasa sesak dan otot saluran cerna menjadi rileks akibat hormon progesteron. Beberapa cara berikut ini bisa Anda coba untuk mengatasi heartburn:

– Hindari makanan berlemak dan pedas

– Jauhi minuman dengan kandungan alkohol dan kafein

– Makan dalam porsi kecil tapi sering

– Minum banyak air di antara waktu makan untuk mengurangi asam perut

– Jangan makan tepat sebelum tidur atau berbaring

– Gunakan beberapa bantal untuk meredakan heartburn saat tidur.

Daftar berikut adalah gejala kehamilan lain di trimester kedua yang mungkin mulai atau terus Anda alami bulan ini. Cek mana yang Anda alami lalu diskusikan cara untuk mengatasinya bersama dokter:

– Hemoroid

– Mual

– Lelah

– Sering pipis

– Payudara bengkak

– Gusi berdarah

– Air liur dan lendir berlebih

– Peningkatan kotoran vaginal

– Nafas pendek

– Pusing

– Konstipasi

– Perubahan pada kulit dan rambut

– Mudah kepanasan.

Bila Anda tidak bisa mendengar detak jantung bayi bulan lalu, kemungkinan Anda akan bisa melakukannya pada kunjungan bulan ini. Wanita yang memilih melakukan tes AFP akan diambil darahnya antara kehamilan minggu 16 dan 18.

BFI150303(21)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY