Yang Perlu Dilakukan Menjelang Persiapan Persalinan Caesar

Yang Perlu Dilakukan Menjelang Persiapan Persalinan Caesar

310
0
SHARE
Yang Perlu Dilakukan Menjelang Persiapan Persalinan Caesar
Source: Dnaberita

KabarFemale — Ada beberapa alasan kesehatan yang menyebabkan seorang ibu hamil harus melakukan persalinan secara caesar. Jika bunda juga mengalaminya, jangan takut ya, bun, karena sebenarnya melahirkan secara normal maupun caesar itu sama saja. Hanya saja pada persalinan caesar diperlukan untuk melakukan pembedahan pada area perut sehingga Anda tidak perlu lagi terlalu merasa sakit.

Namun tentunya hal ini yang terbaik untuk Anda bunda. Setiap wanita memang menginginkan bisa melahirkan secara normal, akan tetapi jika ditemukan ada sesuatu hal yang terjadi sehingga menyebabkan Anda harus melakukan persalinan secara caesar maka hal ini tidak menjadi masalah.

Untuk itu tidak perlu terlalu merasa khawatir dengan proses Persiapan Menjelang Persalinan Caesar ini. Yang terpenting adalah keselamatan Anda dan juga bayi Anda bunda.
Agar Anda tidak terlalu takut membayangkannya, ada baiknya Anda mengetahui tahap demi tahap Persiapan Persalinan Caesar berikut ini:

Persiapan menjelang operasi caesar di antaranya:

  • Pasien diharuskan untuk berpuasa, tidak boleh makan ataupun minum selama 6 jam
  • Dokter akan melakukan cek darah
  • Selanjutnya dokter dan perawat melakukan pembersihan perut dengan menggunakan anti-septic dan menutupi dengan kain bersih agar terhindar dari kemungkinan infeksi
  • Rambut-rambut atau bulu-bulu halus di sekitar perut akan dicukur untuk mempermudah saat melakukan pembersihan

Hal yang dilakukan saat proses operasi Caesar di antaranya:

  • Dokter mulai melakukan pembedahan pada perut, kira-kira sepanjang 10 cm
  • Kemudian dokter akan mengangkat si bayi keluar perlahan dan memeriksa keadaan bayi apakah normal dan seperti yang seharusnya
  • Lalu dokter akan memotong tali pusar dan mengambil plasenta atau ari-ari
  • Setelah itu pasien akan disuntik, hal ini untuk mendapatkan efek kontraksi pada uterus sehingga dapat mengurangi intensitas perdarahan
  • Setelah itu jaringan lapisan otot, lemak, dan kulit dijahit kembali hingga benar-benar tertutup seperti semula
  • Proses operasi selesai

Bagaimana, bunda, sekarang sudah tahu ‘kan apa saja Persiapan Persalinan Caesar dan proses operasi Caesar? Tidak seseram seperti yang Anda bayangkan ‘kan, bunda? Bahkan sepertinya terlihat sangat cepat, ya?

Jadi tidak perlu lagi merasa cemas ya, bunda, tetap rileks dan terus berdoa untuk semua yang terbaik. Lagi pula semua itu ‘kan ditangani oleh ahli dan profesional di bidangnya. Jadi tidak ada alasan untuk takut ya, bunda? Selamat menjemput kebahagiaan yang sempurna ya bunda. Semoga bermanfaat.

BFI15020158

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY