Vitamin D, Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama

Vitamin D, Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama

507
0
SHARE
Vitamin D, Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama
Source: Delhidailynews

KabarFemale — Vitamin D membantu mengatur tingkat kalsium dan fospat dalam tubuh. Anda membutuhkan kalsium dan fospat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tidak mendapat vitamin D yang cukup sebagai nutrisi ibu hamil trimester pertama bisa mencegah bayi mendapat kalsium dan fospat yang cukup. Ini bisa menyebabkan pertumbuhan tulang dan gigi yang lemah, dan pada kasus yang jarang terjadi, menyebabkan rakhitis. Vitamin D membantu melawan infeksi, dan bisa mencegah diabetes serta beberapa jenis kanker. Ada keterkaitan antara tingkat vitamin D yang rendah selama hamil dan peningkatan risiko memiliki bayi yang berat badannya rendah.

Bagaimana mendapat vitamin D sebagai nutrisi ibu hamil trimester pertama?

Anda bisa memperoleh vitamin D sebagai salah satu nutrisi ibu hamil trimester pertama melalui dua cara. Tubuh menghasilkan vitamin D melalui paparan cahaya matahari. Berjemurlah, setidaknya wajah dan lengan terkena cahaya matahari selama 20 menit setiap hari, tanpa tabir surya. Berapa lama Anda bisa terkena sinar matahari tanpa tabir surya bergantung pada faktor individual, tapi pastikan Anda menutup atau melindungi kulit dengan tabir surya sebelum kulit berubah merah atau terbakar.

Apa yang Anda makan dan minum juga bisa memberi vitamin D. Sumber vitamin D yang baik adalah ikan salmon, makarel, dan sarden. Anda harus makan dua porsi ikan setiap minggu. Daging merah dan kuning telur juga mengandung vitamin D.

Anda dianjurkan mengonsumsi suplemen yang mengandung 10 mikrogram vitamin D setiap hari selama hamil dan ketika menyusui. Anda lebih berisiko mengalami kekurangan vitamin D dan membutuhkan suplemen vitamin D bila:

– Keturunan Asia, Afrika, Karibia, atau Timur Tengah

– Tidak banyak terkena sinar matahari, misalnya jika Anda menutup seluruh tubuh atau selalu menggunakan tabir surya ketika di luar ruangan

– Tidak mengonsumi makanan yang mengandung vitamin D seperti telur, daging, margarin fortifikasi dengan vitamin D, atau sereal sarapan.

– Memiliki indeks massa tubuh di atas 30.

Kebanyakan multivitamin kehamilan mengandung vitamin D, atau Anda bisa mengonsumsi suplemen khusus vitamin D. Hanya gunakan multivitamin khusus untuk kehamilan, dan periksa labelnya untuk melihat berapa banyak kandungan vitamin D. Tanyakan bidan atau dokter bila Anda tidak yakin mana yang sesuai. Bila Anda tidak minum suplemen vitamin D saat hamil dan menyusui, bayi Anda tidak mendapat vitamin yang ia butuhkan pada beberapa bulan pertama kehidupannya. Jika demikian, dokter atau bidan bisa menyarankan bayi minum dosis harian vitamin D mulai usia satu bulan.

 

BFI150403(37)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY