Tubuh Anda Setelah Kehamilan Ektopik

Tubuh Anda Setelah Kehamilan Ektopik

240
0
SHARE
Tubuh Anda Setelah Kehamilan Ektopik
Source: Imujer

KabarFemale — Tubuh Anda akan melewati proses pemulihan setelah kehamilan ektopik dan Anda harus memberi waktu pada diri sendiri untuk sembuh. Karena hal yang sangat menakutkan baru saja terjadi, wajar bila merasa cemas tentang gejala yang Anda alami. Anda juga memiliki banyak pertanyaan dalam benak Anda.

Apakah akan muncul rasa sakit pada area perut beberapa bulan setelah kehamilan ektopik?

Setelah kehamilan ektopik, wajar bila terasa nyeri dan tidak nyaman di area perut beberapa lama setelah pengobatan. Ada beberapa alasan Anda perlu waspada tentang rasa sakit di area perut:

– Bisa jadi siklus normal Anda sedang kembali dan rasa sakit yang Anda alami karena tubuh bersiap untuk ovulasi, atau menstruasi segera terjadi.

– Bila setelah dua atau tiga bulan Anda terus mengalami sakit pada area perut, ini bisa disebabkan oleh luka adhesi.

Rasa sakit biasanya menjadi cara tubuh memberi tahu Anda untuk beristirahat. Baik melalui operasi mayor atau prosedur lain, rasa sakit jadi hal normal dan Anda perlu tenang pada satu atau dua minggu setelah pembedahan dengan prosedur lubang kunci dan selama 6 minggu setelah operasi perut mayor.

Beberapa rumah sakit memberi pasien pereda rasa sakit. Jika Anda tidak mendapatkannya, Anda bisa membelinya di apotek untuk membantu Anda selama beberapa hari pertama. Rasa sakit berbeda pada tiap orang dan jika rasa sakit Anda parah dan tidak merespons pada obat pereda rasa sakit, sebaiknya hubungi dokter. Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter bila rasa sakit disertai gejala lain.

Normalnya Anda boleh mandi 24 jam setelah operasi perut dan berendam di bak mandi setelah 48 jam. Pastikan ada orang yang menemani ketika Anda mandi untuk berjaga dari hal yang tidak diinginkan.

Bila ada luka terbuka atau jahitan, Anda perlu menghindari menggunakan minyak mandi atau pembersih tubuh yang berbau kuat. Hingga luka sembuh dan jahitan hilang, air hangat dan sabun yang sangat lembut harus Anda gunakan saat mandi. Selain mandi, Anda tidak perlu membersihkan luka. Anda tidak perlu menggunakan antiseptik pada luka kecuali diresepkan oleh dokter. Jangan menggosok atau mencuci luka, dengan lembut cuci di air hangat dengan sabun atau jel mandi. Biasanya luka bersih dan kering setelah 10 hari. Bila ragu dengan area luka Anda, minta dokter atau suster untuk memeriksanya.

 

BFI150403(4)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY