Tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama

Tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama

124
0
SHARE
Tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama
Source: Uzilab

KabarFemale — Kebanyakan wanita pasti merasa senang ketika tahu akan segera memiliki bayi. Tentu mereka harus menjaga kehamilan trimester pertama untuk melewati periode paling kritis dari fase kehamilan ini. Meski janin yang berkembang baru 4 inci panjangnya, organ utama telah mulai terbentuk dan berfungsi.

Tips menjaga kehamilan trimester pertama:
Setelah memastikan diri Anda hamil, mungkin Anda perlu membaca buku untuk tahu lebih banyak tentang menjaga kehamilan trimester pertama, atau Anda sudah berencana untuk membeli baju hamil? Tapi kali ini fokus dulu pada hal yang lebih penting, terutama di trimester pertama, yakni kesehatan Anda dan janin.

Mencari dokter yang tepat. Perawatan kehamilan bisa didapat dari dokter atau bidan, untuk memastikan Anda dan bayi sehat di sepanjang kehamilan. Wanita yang tidak mendapat perawatan kehamilan yang memadai lebih mungkin memiliki bayi dengan berat badan rendah atau kesehatan yang buruk dibanding mereka yang memeriksakan diri ke dokter secara teratur.

Menjaga pola makan sehat. Lebih dari sebelumnya, Anda perlu makan dengan pola makan sehat yang kaya nutrisi untuk menjaga diri dan bayi sehat dan kuat. Makanan yang sangat dianjurkan bisa berasal dari sumber protein seperti daging, telur dan ikan, produk susu seperti yoghurt dan susu, buah seperti apel dan anggur, dan sayur seperti wortel dan brokoli.

Mengubah gaya hidup. Berhentilah merokok dan jauhi alkohol. Penelitian menunjukkan bahwa tembakau dan alkohol memiliki efek negatif serius pada pertumbuhan dan perkembangan bayi selama hamil dan bahkan selama masa kanak-kanak. Kurangi asupan kopi, yang bisa meningkatkan kemungkinan keguguran dan komplikasi kehamilan lainnya. Batasi hanya minum satu cangkir kopi per hari.

Mengatasi rasa lelah. Wajar bagi wanita hamil untuk mengalami rasa lelah karena tubuh menggunakan banyak energi untuk memberi nutrisi dan melindungi serta mendukung pertumbuhan bayi di dalam rahim. Anda membutuhkan lebih banyak istirahat dan tidur. Naikkan kaki dan minta bantuan keluarga serta teman hingga Anda punya lebih banyak energi selama trimester kedua dan ketiga.

Menjaga asupan nutrisi. Tingkatkan nutrisi dengan menyertakan aneka buah dan sayur di makanan Anda. Selalu sediakan camilan sehat di mobil, meja kerja, atau tas untuk mengatasi rasa lapar. Untuk meredakan morning sickness (mual disertai muntah), konsumsi camilan ringan terutama sebelum bangkit dari tempat tidur. Untuk menjamin nutrisi yang cukup bagi Anda dan bayi, Anda membutuhkan suplemen kehamilan. Suplemen seperti asam folat, omega 3, dan multivitamin lainnya akan sangat membantu kehamilan dan kelahiran bayi yang sehat.

BFI150303(7)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY