Tips Kehamilan 8 Bulan: Tetap Aktif Bergerak

Tips Kehamilan 8 Bulan: Tetap Aktif Bergerak

473
0
SHARE
Tips Kehamilan 8 Bulan: Tetap Aktif Bergerak
Source: elarca21

KabarFemale — Anda telah sampai di kehamilan tahap ini dan tetap sehat, berkilau, serta bugar, atau kini Anda sering merasa lelah. Kini Anda memang mendekati akhir kehamilan dan perlu memastikan tubuh berada di kondisi terbaik untuk proses persalinan dan menghabiskan malam tanpa tidur setelah si kecil lahir. Tips kehamilan 8 bulan berikut ini akan membuat tubuh Anda siap menjalani hari-hari berikutnya.

Tips kehamilan 8 bulan: jangan malas bergerak

Tips kehamilan 8 bulan yang penting untuk Anda ingat adalah memastikan tubuh bergerak aktif. Pasti akan terasa lebih menyenangkan meringkuk di atas sofa daripada berada di atas treadmill saat kehamilan usia 8 bulan. Apalagi rasa lelah yang sering terasa membuat aktivitas tubuh semakin terbatas. Faktanya, tetap aktif akan membuat Anda tetap sehat ketika mendekati akhir kehamilan. Bugar selama hamil, terutama di trimester ketiga, bisa mengurangi persepsi sakit dan meningkatkan kapasitas paru-paru maternal.

Waktu persalinan juga bisa diperpendek bila ibu memiliki kesehatan mental dan fisik yang baik. Anda tidak perlu datang ke pusat kebugaran setiap hari untuk tetap bugar, cukup dengan berjalan kaki tiap hari atau mengikuti kelas aerobik prenatal. Semua ini akan menjaga tubuh dan memulihkan dari rasa sakit yang Anda rasakan. Bahkan bayi akan berada di posisi yang sesuai untuk melahirkan.

Jika Anda masih merasakan mual di pagi hari, berjalan kaki akan membuat Anda merasa lebih baik. Keluarlah dan berjalan kaki meski hanya untuk beberapa menit. Berjalan kaki bisa mengurangi morning sickness (Nyeri sejak pagi hari). Ada beberapa hal yang perlu dihindari, yakni gerakan tiba-tiba, melompat, dan berbaring telentang. Biarkan tubuh Anda yang memandu. Jika satu aktivitas terasa tidak nyaman, berhenti dan konsultasikan dengan dokter sebelum melanjutkannya.

Dalam beberapa minggu ke depan, kehidupan Anda akan mengalami banyak perubahan. Tak lama lagi Anda akan mendengar tangisan si kecil. Gunakan waktu luang beberapa minggu ini untuk memanjakan diri agar Anda bisa rileks dan bugar ketika hari melahirkan tiba. Datanglah ke salon untuk perawatan rambut dan kuku, nikmati berbelanja bersama teman, berendam di bak mandi, atau membaca buku yang Anda sukai. Anda mungkin tidak punya kesempatan untuk melakukan semua ini setelah si kecil lahir.

Untuk menjaga pikiran dan tubuh rileks dan terhindar dari stres, sediakan waktu untuk diri sendiri atau melakukan kegiatan aktif yang bisa menjernihkan pikiran serta membuat perasaan terasa segar. Pergilah ke alam terbuka untuk menikmati udara segar, mengikuti yoga kehamilan, atau berenang. Anda tak harus melakukannya sendirian, ajaklah teman untuk bersenang-senang bersama.

BFI150303(19)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY