Tips Kehamilan 8 Bulan: Panduan untuk Calon Ayah

Tips Kehamilan 8 Bulan: Panduan untuk Calon Ayah

293
0
SHARE
Tips Kehamilan 8 Bulan: Panduan untuk Calon Ayah
Source: Fimela

KabarFemale — Bayi Anda akan segera lahir dan Anda sudah tidak sabar untuk menggendongnya, juga merasa takut Anda tanpa sengaja menjatuhkannya. Dua bulan yang rasanya lama sekali. Bagaimana cara melewatinya? Pastikan Anda sudah mengajukan cuti saat pasangan akan melahirkan nanti. Pastikan juga istri Anda mendapat semua yang ia butuhkan. Tips kehamilan 8 bulan kali ini khusus untuk para calon ayah.

Tips kehamilan 8 bulan: yang harus dilakukan para suami

Ikut begadang bersama istri bila ia tidak bisa tidur atau ia meminta Anda menemaninya. Ini akan jadi salah satu tips kehamilan 8 bulan yang perlu Anda ikuti. Banyak wanita hamil mengalami insomnia, dan akan merasa kesepian di tengah malam. Bantu istri merasa nyaman dengan menyediakan banyak bantal, memijat punggungnya, atau membawakan susu hangat untuknya.

Anda merasa sudah cukup membantu mengerjakan tugas rumah? Sekarang waktunya untuk membantu lebih banyak lagi. Akan semakin sulit bagi istri untuk bergerak dengan perutnya yang semakin besar, jadi tentu ia kesulitan untuk mengerjakan tugas rumah.

Berkemas. Bukan hanya istri Anda yang perlu membawa tas ke rumah sakit. Anda juga perlu membawa barang kebutuhan sendiri seperti baju ganti, camilan, kamera, serta gim untuk mengalihkan istri dari rasa sakit atau untuk menemani Anda karena persalinan bisa memakan waktu lama.

Tugas ganda bila ada anak yang lebih besar. Anda merasa senang dengan calon anggota keluarga baru yang akan segera lahir, begitu juga anak Anda yang lebih besar atau mereka mungkin merasa cemas dengan status yang baru. Ciptakan rutinitas spesial bersama mereka yang tetap bisa Anda lanjutkan setelah bayi lahir.

Di bulan ini Anda dan pasangan bisa mulai membicarakan seperti apa gaya pengasuhan nantinya. Bacalah buku tentang filosofi menjadi orang tua. Minta pasangan menceritakan masa kanak-kanaknya yang belum pernah ia ceritakan. Lakukan hal yang sama. Ceritakan tentang apa yang benar dilakukan orang tua Anda dan apa yang menurut Anda bisa diperbaiki, serta tradisi keluarga seperti apa yang penting bagi Anda. Sadari bahwa apa yang terdengar bagus secara teori bukan berarti baik juga dalam prakteknya, jadi Anda perlu bersikap fleksibel.

Para calon ayah, bersiap juga untuk kontraksi Braxton hicks, yakni kontraksi palsu. Bedakan antara kontraksi Braxton hicks dan kontraksi persalinan. Kontraksi Braxton hicks berhenti bila istri berganti posisi. Kontraksi persalinan tidak demikian. Kontraksi palsu tidak bertambah berat tapi kontraksi persalinan terasa semakin intens. Kontraksi Braxton hicks tidak menandakan istri akan menjalani persalinan.

BFI150303(19)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.