Tiga Fase Kehamilan

Tiga Fase Kehamilan

361
0
SHARE
Tiga Fase Kehamilan
Source: medicinenet

KabarFemale — Kehamilan berlangsung selama sekitar 40 minggu, dimulai dari hari pertama menstruasi terakhir. Minggu-minggu kehamilan dikelompokkan menjadi tiga fase. Cari tahu apa yang terjadi pada Anda dan bayi pada tiga fase kehamilan ini.

Fase kehamilan pertama

Pada beberapa wanita, bentuk tubuh jadi kecemasan besar selama hamil. Selama tirmester pertama tubuh mengalami banyak perubahan. Perubahan hormon mempengaruhi hampir tiap sistem organ tubuh. Perubahan ini bisa memicu gejala meski di minggu kehamilan sangat awal. Menstruasi yang terhenti menjadi tanda jelas kalau Anda hamil. Perubahan lain bisa berupa:
– Sangat kelelahan
– Payudara bengkak, puting menonjol
Morning sickness (nyeri di pagi hari)
Mood swing (suasana hati yang labil)
– Konstipasi
– Buang air kecil lebih sering
– Sakit kepala
Heartburn
– Berat badan bertambah atau berkurang.

Ketika tubuh mengalami perubahan, Anda perlu melakukan perubahan pada rutinitas harian, seperti tidur lebih awal atau makan lebih sering dengan porsi kecil. Untungnya, kebanyakan rasa tidak nyaman ini akan hilang ketika kehamilan berlanjut. Dan beberapa wanita ada yang tidak mengalami rasa tidak nyaman sama sekali. Jika Anda sudah hamil sebelumnya, Anda akan merasa berbeda pada kehamilan ini. Tiap wanita berbeda, juga tiap kehamilan.

Fase kehamilan kedua

Kebanyakan wanita menjalani trimester kedua lebih mudah dari yang pertama. Anda merasa gejala seperti mual dan lelah mulai hilang. Tapi terjadi perubahan yang lebih nyata pada tubuh. Perut akan membesar ketika bayi terus tumbuh. Dan sebelum trimester ini berlalu, Anda akan merasa bayi mulai bergerak.
Ketika tubuh berubah untuk memberi ruang bagi bayi Anda mengalami:
– Nyeri pada punggung, perut, dan paha.
Stretch marks (gurat peregangan) pada perut, payudara, paha, atau bokong.
– Kulit berwarna lebih gelap di sekitar puting.
– Garis pada kulit dari pusar ke rambut kemaluan.
– Area kulit yang gelap seperti pipi, dahi, hidung, atau bibir atas.
– Rasa gatal pada perut, telapak tangan, dan tumit kaki.
– Bengkak pada mata kaki, jari, dan wajah.

Fase kehamilan ketiga

Beberapa rasa tidak nyaman yang Anda rasakan di trimester kedua akan berlanjut. Ditambah, wanita merasa kesulitan bernafas dan sering buang air kecil. Ini karena bayi semakin besar dan memberi tekanan lebih pada organ. Jangan khawatir, bayi Anda baik-baik saja dan keluhan ini akan berkurang ketika ia lahir.
Beberapa perubahan pada tubuh yang baru Anda rasakan di trimester ketiga berupa:
– Nafas pendek
Heartburn
– Bengkak pada mata kaki, jari, dan wajah
– Hemoroid
– Payudara mengeluarkan kolostrum
– Pusar menonjol keluar
– Kesulitan tidur
– Bayi bergerak turun
– Kontraksi, bisa menjadi tanda persalinan palsu atau persalinan sebenarnya.
Mendekati tanggal kelahiran, serviks menjadi lebih tipis dan lembut. Ini normal, merupakan proses alami yang membantu jalan lahir terbuka selama proses kelahiran. Dokter akan memeriksa Anda dengan pemeriksaan vagina ketika mendekati tanggal kelahiran.

BFI150303(34)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY