Penyebab dan Pengertian Kehamilan Ektopik

Penyebab dan Pengertian Kehamilan Ektopik

409
0
SHARE
Penyebab dan Pengertian Kehamilan Ektopik
Source: whstatic

KabarFemale — Mungkin Anda pernah mendengar tentang kehamilan ektopik. Sebenarnya apa itu kehamilan ektopik? Kehamilan ektopik adalah kehamilan di mana sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma tidak mampu melakukan implantasi atau penempelan pada dinding rahim. Kehamilan ektopik sering juga disebut dengan kehamilan di luar kandungan. Lantas sebenarnya apa saja sih penyebab dari kehamilan ektopik?

Sesuai dengan pengertian kehamilan ektopik diatas, maka berikut adalah penyebab dari kehamilan ektopik menurut babycenter.com:

  1. Adanya riwayat radang panggul
    Penyebab kehamilan ektopik yang pertama adalah adanya riwayat radang panggul yang dialami oleh ibu hamil. Pelvic Inflammatory Disease (PID) atau radang panggul ini adalah salah satu penyakit infeksi rahim yang biasa menjadi penyebab dari kehamilan ektopik. Radang panggul ini dapat menjangkit seorang wanita pada penyakit seks menular seperti Clamydia atau pun Gonorrhea. Selain itu wanita juga dapat menderita masalah infertilitas atau kemandulan.
  2. Adanya riwayat Endometriosis
    Apa itu endometriosis? Endometriosis merupakan keadaan di mana sel-sel tidak berada pada tempat yang seharusnya, sel-sel yang seharusnya ada pada lapisan rahim atau endometrium tumbuh pada bagian lain dalam tubuh. Sama hal seperti radang panggul, endometriosis juga dapat menyebabkan wanita mengalami infertilitas.
  3. Pernah menjalani operasi di bagian perut
    Jika Anda pernah mengalami pembedahan atau operasi di daerah perut misal seperti operasi cesar, atau pembedahan pada daerah tuba falopi maka Anda juga perlu mewaspadai dengan gejala kehamilan ektopik. Karena hal ini juga dapat mempengaruhi kehamilan. Meskipun 2 hal di atas lebih cenderung sebagai penyebab dari kehamilan ektopik.
  4. Adanya riwayat mengonsumsi DES Diethylstilbestrol
    Diethylstilbestrol adalah salah satu jenis obat untuk mencegah keguguran. Meskipun demikian ternyata obat ini justru memberikan efek negatif pada kehamilan ataupun janin. DES ini juga dapat berakibat resiko terhadap kehamilan ektopik.
  5. Memiliki kebiasaan merokok
    Penyebab lainnya yaitu kebiasaan sering merokok. Menurut hasil riset hampir 11% faktor dari kehamilan ektopik adalah disebabkan karena rokok. Untuk itu Anda harus menghindari rokok selama masa kehamilan, ya, Bun. Tentunya Anda tidak ingin suatu hal buruk terjadi pada kandungan Anda bukan?

Nah, Bun, sekarang sudah tahu ‘kan apa pengertian kehamilan ektopik dan apa saja penyebab-penyebab yang dapat mengakibatkan kehamilan ektopik. Untuk itu jaga selalu kondisi tubuh dengan baik selama hamil dengan mengonsumsi berbagai macam nutrisi. Semoga bermanfaat.

BFI15030142

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY