Penyebab dan Gejala Keguguran Hamil Muda yang Wajib Bunda Tahu

Penyebab dan Gejala Keguguran Hamil Muda yang Wajib Bunda Tahu

259
0
SHARE
Penyebab dan Gejala Keguguran Hamil Muda yang Wajib Bunda Tahu
Source: Wtalks

KabarFemale — Sebelum keguguran memang benar terjadi, biasanya ada beberapa tanda-tanda yang muncul sebagai akibat dari adanya proses kehamilan yang tidak normal. Lalu apa saja penyebab dan gejala keguguran hamil muda yang mungkin terjadi?

Berikut adalah penyebab gejala keguguran hamil muda yang wajib bunda tahu:

  1. Kelainan janin atau kromosom
    Penyebab gejala keguguran hamil muda yang pertama adalah adanya kelainan janin dan kromosom yang tidak sempurna pada saat proses konstipasi atau pembuahan.
  2. Kelainan yang terjadi pada bunda
    Yang kedua adalah sebaliknya. Yaitu adanya kelainan hormonal yang terjadi pada bunda. Bisa dikarenakan hormon estrogen yang terlalu sedikit ataupun hormon prolaktin yang terlalu banyak, selain itu bisa juga karena nutrisi yang menyebabkan sel imun menurun, atau adanya penyakit kronis yang diderita ibu.
  3. Adanya virus
    Penyebab lainnya bisa dikarenakan bunda terserang virus seperti TORCH, Hepatitis, HIV, dan lainnya.
  4. Gaya hidup yang tidak sehat
    Penyebab keguguran juga bisa dikarenakan pola gaya hidup yang kurang baik, misal kebiasaan merokok atau minum alkohol. Hal ini juga dapat menjadi penyebab keguguran.

Sedangkan gejala keguguran hamil muda yang wajib bunda tahu di antaranya:

  1. Adanya perdarahan
    Gejala keguguran hamil muda yang pertama adalah adanya perdarahan. Gejala ini merupakan yang umum terjadi. Biasanya perdarahan dimulai dari bercak-bercah darah yang kemudian berlanjut dengan perdarahan hebat yang kadang juga disertai adanya selaput hasil dari jaringan atau selaput ketuban yang robek. Jika sudah ditemui gejala seperti ini segeralah berkunjung ke dokter.
  2. Kejang dan kram perut yang menyiksa
    Jika Anda juga merasakan kejang dan kram perut yang luar biasa sakit seperti saat menstruasi makan Anda patut curiga dengan kehamilan Anda. Biasanya hal ini berlangsung lama dan terus-menerus. Rasa sakit juga kadang Anda rasakan pada daerah panggul. Jika Anda merasakan sakit luar biasa dan merasa seperti akan pingsan, maka segera hubungi dokter untuk berkonsultasi dan bersiaplah dengan segala kemungkinan yang terjadi ya, bun.
  3. Rasa nyeri di daerah bawah perut
    Rasa nyeri yang terjadi pada bagian bawah perut terjadi dalam waktu yang lama. Biasanya nyeri ini juga terasa di bagian panggul, selangkangan, dan pada daerah vagina, hal ini biasanya terjadi setelah adanya perdarahan.

Bagaimana bunda sekarang sudah tahu ‘kan apa saja gejala keguguran hamil muda yang patut diwaspadai. Semoga bermanfaat.

BFI15030144

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY