Nutrisi Ibu Hamil yang Didapat dari Tomat

Nutrisi Ibu Hamil yang Didapat dari Tomat

124
0
SHARE
Source: Dunyalilar

KabarFemale — Kebutuhan nutrisi dan vitamin untuk wanita hamil berbeda dengan wanita yang tidak hamil. Wanita hamil membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi dan vitamin untuk memastikan janin di dalam rahim bisa tumbuh dengan sehat, dan juga membuat tubuh wanita hamil tetap kuat dan sehat tentunya. Menjaga nutrisi ibu hamil bisa dilakukan dengan meningkatkan konsumsi buah sebagai satu dari sekian banyak hal yang direkomendasikan. Di antara banyak pilihan, tomat terpilih sebagai camilan yang segar dan menyehatkan selama hamil. Tomat sangat baik untuk kehamilan.

Nutrisi ibu hamil berupa vitamin C dan zat besi dari tomat

Seperti yang sudah disebutkan tadi, nutrisi ibu hamil berupa vitamin pada tomat cukup banyak, terutama vitamin C. Vitamin ini sangat penting selama hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Vitamin C membantu pembentukan tulang dan gigi juga menjaga kesehatan gusi.

Vitamin C membantu penyerapan zat besi, yang merupakan mineral penting selama hamil. Seperti yang Anda tahu, wanita hamil butuh lebih banyak zat besi. Karenanya, banyak dokter menyarankan tambahan suplemen zat besi pada wanita hamil. Mengonsumsi tomat bisa membantu tubuh lebih baik menyerap zat besi dari makanan yang Anda konsumsi.

  • Likopen pada tomat

Tomat menjadi sumber likopen yang baik, yakni anti oksidan yang diyakini dapat melindungi kerusakan sel pada tubuh. Wanita hamil boleh mengonsumsi makanan yang mengandung likopen. Meski keamanan suplemen likopen bagi wanita hamil masih perlu diteliti. Jadi bila saat ini Anda sedang hamil, jangan ragu untuk mengonsumsi tomat untuk mendapat manfaat likopen di dalamnya. Yang harus Anda lakukan adalah menghindari konsumsi suplemen likopen.

Kini ada penemuan baru di University of Florida, yang menciptakan tomat dengan kandungan folat. Folat adalah kandungan vitamin yang penting untuk menghindari cacat genetik pada bayi. Semua wanita hamil disarankan untuk mendapat jumlah asam folat yang mencukupi. Folat biasanya ditemukan pada sayuran berwarna hijau gelap. Para ilmuan telah menciptakan tomat menjadi sumber folat. Tapi penemuan ini masih butuh waktu bertahun-tahun lamanya untuk bisa sempurna.

Di sisi lain, tomat bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman pada sebagian wanita hamil. Selama pertengahan kehamilan, banyak wanita hamil mengalami heartburn. Makanan yang mengandung asam seperti tomat bisa memperburuk kondisi ini pada beberapa wanita hamil, dan heartburn menjadi semakin parah. Jika Anda mengalami heartburn, kurangi konsumsi tomat dan hindari makanan lain yang bisa mengakibatkan masalah pencernaan.

 

BFI150403(7)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY