Nutrisi Ibu Hamil Bernama Asam Folat

Nutrisi Ibu Hamil Bernama Asam Folat

124
0
SHARE
Nutrisi Ibu Hamil Bernama Asam Folat
Source: Vitaminsestore

KabarFemale — Asam folat merupakan salah satu nutrisi ibu hamil yang sangat penting. Mengonsumsi vitamin pranatal berupa asam folat sebanyak 400 mikrogram sebelum dan selama hamil bisa membantu mencegah cacat lahir pada otak bayi. Minumlah asam folat setiap hari.

Seperti apa nutrisi ibu hamil bernama asam folat?

Asam folat yang masuk daftar nutrisi ibu hamil merupakan vitamin B. Sumber makanan terbaik yang mengandung asam folat adalah sereal fortifikasi. Asam folat memiliki peran penting pada produksi se darah merah dan membantu tabung saraf janin berkembang pada otak.

Cacat lahir terjadi dalam 3 hingga 4 minggu pertama kehamilan. Jadi penting untuk mengonsumsi asam folat selama tahap awal ketika otak bayi sedang berkembang. Bila Anda berkonsultasi dengan dokter saat berusaha hamil, ia akan meminta Anda untuk mulai mengonsumsi asam folat. Satu penelitian menunjukkan wanita yang minum asam folat selama satu tahun sebelum hamil mengurangi kemungkinan melahirkan dini sebanyak lebih dari 50 persen.

Minumlah asam folat setiap hari saat hamil. Bila Anda memilih vitamin prantal sendiri, bawa ke dokter ketika Anda hamil untuk memastikan jumlahnya disarankan dan sesuai dengan kebutuhan Anda, termasuk asam folat. Semua vitamin prantal tidak sama dan beberapa bisa memiliki vitamin dan mineral lebih banyak atau lebih sedikit dari yang Anda butuhkan.

Dosis asam folat yang dianjurkan adalah 400 mikrogram setiap hari. Bila Anda minum multivitamin setiap hari, periksa apakah multivitamin Anda memiliki jumlah yang dianjurkan. Bila Anda tidak ingin mengonsumsi multivitamin, Anda bisa minum supleman asam folat.

Berikut ini seberapa banyak asam folat yang dianjurkan setiap hari saat hamil:

– 400 mikrogram ketika mencoba hamil.

– 400 mikrogram selama 3 bulan pertama kehamilan.

– 600 mikrogram pada 4 hingga 9 bulan kehamilan.

– 500 mikrogram saat menyusui.

Tanpa asam folat yang cukup pada tubuh, tabung saraf bayi tidak bisa menutup dengan baik dan ia bisa mengalami masalah kesehatan yang disebut cacat tabung saraf, termasuk spina bifida atau anenchepaly

Bayi dengan anenchepaly biasanya tidak bertahan hidup untuk waktu lama, dan bayi dengan spina bifida bisa cacat secara permanen. Keduanya adalah masalah yang menakutkan. Tapi berita baiknya adalah mengonsumsi asam folat yang cukup bisa melindungi bayi dari cacat tabung saraf sebanyak 50 persen. Bila Anda sudah memiliki bayi dengan cacat tabung saraf, mengonsumsi asam folat yang cukup bisa mengurangi risiko memiliki anak dengan cacat tabung saraf sebanyak 70 persen.

 

BFI150403(7)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY