Menjaga Kebugaran dengan Berolahraga di Kehamilan 7 Bulan

Menjaga Kebugaran dengan Berolahraga di Kehamilan 7 Bulan

161
0
SHARE
Source: Drprem

KabarFemale — Ketika memasuki kehamilan 7 bulan, Anda berarti berada di trimester ketiga. Saat ini, Anda mungkin lebih memilih untuk duduk mengangkat kaki daripada harus berolahraga, tapi aktivitas fisik harus jadi bagian dari rutinitas Anda. Sebuah penelitian di tahun 2009 menyebutkan kalau hanya 11 persen wanita hamil yang sehat melakukan olahraga di trimester ketiga. Memang Anda perlu perlahan beraktivitas tapi jangan lewatkan olahraga atau Anda akan kehilangan manfaatnya bagi Anda dan bayi.

Berkonsultasi dengan dokter sebelum berolahraga di kehamilan 7 bulan

Kebanyakan wanita hamil yang sehat tetap bisa melanjutkan olahraga di kehamilan 7 bulan (khususnya mereka yang tetap aktif selama hamil), meski perut yang terus membesar dan rasa lelah bisa berarti Anda perlu melakukannya perlahan. Tapi ada beberapa wanita hamil, yang memiliki kontraindikasi tertentu sehingga perlu menghindari aktivitas fisik, jadi berkonsultasilah dengan dokter tentang akitvitas fisik yang akan Anda lakukan.

Bila Anda beresiko mengalami tekanan darah tinggi atau persalinan sebelum waktu, dokter mungkin menyarankan Anda hanya melakukan aktivitas fisik yang ringan seperti berjalan kaki atau ia meminta Anda berhenti total dari berolahraga.

Wanita hamil bisa terus melanjutkan olahraga sepanjang kehamilan jika detak jantung tetap kurang dari 140 per menit. Ini berarti Anda bisa lakukan latihan kardio, selama tidak melebihi detak jantung maksimal. Lakukan 30 menit latihan kardio setiap hari dalam bentuk olaharaga yang aman, seperti berenang, berjalan kaki, atau aerobik pranatal. Tinggalkan aktivitas fisik yang bisa menyebabkan Anda kehilangan keseimbangan seperti ski, kickboxing, dan ski air.

Yoga kehamilan bisa jadi cara yang baik untuk menjaga fleksibilitas di sepanjang kehamilan. Ketika memasuki kehamilan 7 bulan, Anda akan merasa kesulitan menjaga keseimbangan, jadi pastikan ada dinding atau kursi di dekat Anda. Beri tahu instruktur tentang usia kehamilan Anda agar ia bisa menyarankan modifikasi gerakan yang aman.

Aktivitas fisik bisa membuat kehamilan 7 bulan Anda lebih nyaman, tapi akan terasa berat bila Anda belum terbiasa melakukannya. Akan lebih mudah berolahraga di awal kehamilan dibanding pada trimester ketiga. Hindari olahraga yang membutuhkan posisi berbaring telentang dan pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi selama sesi olahraga dengan minum air sebelum berolahraga dan satu gelas setiap 20 menit latihan. Olahraga apapun yang menyebabkan rasa sakit, nafas pendek, atau lelah berlebihan harus dihentikan dan dikonsultasikan pada dokter Anda.

 

BFI150403(5)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY