Makanan Kaya Protein sebagai Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1

Makanan Kaya Protein sebagai Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1

268
0
SHARE
Source: Disqus

KabarFemale — Protein penting karena dibutuhkan untuk digunakan tubuh menciptakan kulit, otot, rambut, dan tulang. Itu sebabnya makanan kaya protein sangat Anda butuhkan sebagai nutrisi ibu hamil trimester 1, baik untuk Anda maupun janin. Protein bagi janin untuk memastikan pertumbuhan yang normal dan mencegah berat badan lahir rendah. Sedang manfaat protein bagi Anda untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh.

Berapa banyak kebutuhan protein sebagai nutrisi ibu hamil trimester 1?

Kebutuhan harian protein sebagai nutrisi ibu hamil trimester 1 meningkat mulai dari rata-rata 46 hingga 71 gram (bahkan bisa lebih bila Anda hamil bayi kembar). Itu berarti 25 gram protein setiap hari. Tapi jangan terlalu menghitung jumlahnya, kebanyakan wanita mendapat protein lebih dari cukup di makanan.

Beberapa sumber protein lebih baik dari yang lain untuk tubuh Anda dan janin, berikut beberapa di antaranya:

  • Telur

Ada banyak alasan yang menjadikan telur bagian dari menu makan Anda. Telur ukuran besar memberi sedikitnya 6 gram protein, 2,7 gram di kuning telur dan 3,6 gram di putih telur. Telur bisa jadi menu sarapan, makan siang atau makan malam Anda. Ketika tidak punya banyak waktu, buat telur dadar dan berkreasi dengan isiannya serta rempah yang bisa Anda tambahkan.

  • Daging

Daging tanpa lemak lebih sehat untuk jantung Anda. Secara umum, semakin kurang lemaknya, semakin banyak kandungan proteinnya. Sebanyak 3,5 ons sajian daging memberi 31 hingga 33 gram protein. Karena daging tanpa lemak sangat kaya proteinnya, sedikit saja sudah cukup untuk meningkatkan asupan harian Anda, jadi tambahkan sedikit daging pada makanan Anda.

  • Ikan

Makanan laut kaya kandungan proteinnya dan aman dimakan selama Anda memilihnya dengan bijaksana. Anda bisa dengan aman mengonsumsi hingga 12 ons makanan laut rendah merkuri setiap minggu ketika hamil atau menyusui. Ada banyak pilihan ikan seperti salmon, udang, serta tuna. Semua ikan memiliki rasa yang lezat ketika dimasak dengan bahan asam seperit lemon, cuka, tomat, atau acar.

  • Produk susu

Susu sangat baik untuk wanita hamil. Satu gelas susu memberikan 8 gram protein, sedang susu kedelai memberi 3 hingga 11 gram per gelas. Satu gelas susu non lemak memberi 43 gram protein. Satu gelas yoghurt memberi antara 8 hingga 13 gram protein. Dua ons keju memberi antara 17 hingga 20 gram protein, hanya pastikan keju yang Anda konsumsi melalui proses pasteurisasi untuk menghindari bakteri Listeria yang meski jarang bisa berbahaya bagi Anda dan janin.

 

BFI150603(52)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.