Macam-macam Vitamin untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Macam-macam Vitamin untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

221
0
SHARE
Macam-macam Vitamin untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi
Source: Katalogibu

KabarFemale — Menjaga kehamilan sudah pasti menjadi hal yang harus diperhatikan. Untuk itu dibutuhkan asupan nutrisi yang cukup serta tambahan vitamin agar kehamilan selalu dalam keadaan yang baik sehingga perkembangan janin bisa menjadi optimal.

Berikut adalah macam-macam vitamin untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi:

  1. Vitamin A

Vitamin untuk ibu hamil yang pertama adalah vitamin A. Mengonsumsi vitamin A sangat baik bagi ibu hamil terutama pada masa trimester pertama. Karena vitamin A dapat membantu meningkatkan kondisi tubuh ibu hamil agar tetap fit. Selain itu dengan rutin mengonsumsi vitamin A juga dapat menjaga kualitas kandungan Anda tetap sehat. Anda dapat memperoleh vitamin A dari sayuran berwarna oranye dan hijau, selain itu Anda juga bisa mendapatkannya dari hati ayam dan susu.

  1. Vitamin B

Vitamin untuk ibu hamil yang kedua yaitu vitamin B. Sudah tidak bisa diragukan lagi jika kebutuhan vitamin B sangat penting untuk tubuh Anda apalagi dalam bagi Anda yang dalam kondisi hamil. Ada banyak sekali macam jenis vitamin B di antaranya:

  • Vitamin B1 yang berguna untuk mengurangi gejala mual-mual dan muntah di awal kehamilan. Anda bisa mendapatkannya dari gandum, kacang, dan hati
  • Vitamin B2 berguna sebagai pengurai sari makanan yang akan ditransfer pada janin dalam rahim Anda, selain itu vitamin B2 ini juga berfungsi dalam perkembangan janin di tahap awal trimester pertama. Anda bisa mendapatkannya dari brokoli, keju, jamur, dan telur
  • Vitamin B3 juga berguna dapat meminimalisir gejala morning sickness. Selain itu vitamin B3 ini juga dapat membentuk perkembangan sel otak pada janin Anda menjadi lebih optimal. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B3 gandum, sayur hijau, susu, dan kacang.
  • Vitamin B5 berfungsi untuk pemeliharaan sel darah merah pada masa kehamilan. Anda bisa mengonsumsi sarden, alpukat, dan daging ayam untuk mendapatkan vitamin B5 ini.
  • Vitamin B6 berguna sebagai peningkat imun dalam tubuh sehingga Anda akan tetap merasa bugar selama kehamilan. Anda bisa mendapatkannya dari susu, ikan, dan kacang kedelai.
  • Vitamin B12 sangat berperan dalam proses kehamilan untuk pembentukan sel darah merah dan syaraf pusat pada janin. Anda bisa mendapatkannya dari rumput laut, telur, dan daging sapi.
  1. Vitamin C

Selain itu kebutuhan vitamin C untuk ibu hamil juga sangat penting. Vitamin C ini dapat membantu proses penyerapan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar terhindar dari kemungkinan gejala anemia.

  1. Vitamin D

Bukan hanya itu saja, asupan vitamin D juga dibutuhkan ibu pada masa kehamilan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh selain itu vitamin D juga dapat mengurangi ibu hamil terkena gejala hipertensi.

  1. Vitamin E

Selanjutnya da vitamin E yang juga penting menjaga elastisitas kulit ibu selama hamil dari peregangan akibat pertumbuhan janin.

Itulah beberapa macam-macam vitamin untuk ibu hamil yang harus dikonsumsi untuk menambah kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan berlangsung.

 

BFI15040125

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY