Kram Implantasi di Kehamilan Trimester Pertama

Kram Implantasi di Kehamilan Trimester Pertama

863
0
SHARE
Source:

KabarFemale — Bila Anda sedang berusaha untuk hamil, Anda akan berulang kali menggunakan alat tes kehamilan. Banyak wanita mencari tanda implantasi yang menunjukkan kalau mereka hamil. Kram implatantasi di kehamilan trimester pertama bisa jadi salah-satu gejalanya.

Seperti apa kram implantasi di kehamilan trimeter pertama?

Kram implantasi di kehamilan trimester pertama terasa seperti rasa tertarik yang terjadi di perut bagian bawah sekitar satu minggu sebelum tanggal menstruasi Anda. Kram ini karena membran rahim mencair dan mengakibatkan sel telur yang telah dibuahi bisa lebih baik menempel pada dinding rahim. Beberapa wanita mengalami beberapa kali kram selama beberapa hari sedangkan lainnya hanya mengalami satu kali saja.

Kapan kram implantasi terjadi?

Tidak semua wanita mengalami kram implantasi, tapi mereka yang mengalaminya akan merasakan ketika implantasi terjadi di dalam rahim. Kram akan terjadi di waktu yang sama dengan implantasi antara 6 hingga 12 hari setelah ovulasi. Pada tahap ini, janin akan menempel pada rongga rahim.

Beberapa orang berpendapat kram implantasi adalah cara alami memberi tahu calon ibu kalau ia sedang hamil. Karenanya kram implantasi bisa menyebabkan kebahagian tapi juga kecemasan.

Kram implantasi tidak akan berlangsung lama karena proses implantasi tidak akan berlangsung lebih dari satu hingga 3 hari. Anda tidak perlu minum obat pereda rasa sakit untuk mengatasi kram implantasi. Berbaringlah dan angkat kedua kaki untuk meringankan rasa sakit. Anda juga jangan sampai mengalami dehidrasi dan perbanyak beristirahat.

Bila pernah mengalami kram berat selama hamil atau kram berlangsung lebih dari beberapa hari atau terjadi setelah tes kehamilan menunjukkan hasil positif, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Sering kali hal ini karena rahim Anda sedang mengembang tapi ada juga penyebab lain seperti infeksi saluran urin, preeklampsia, abrupsi plasenta, persalinan sebelum waktu, dan keguguran.

Tanda implantasi lainnya adalah bercak atau pendarahan dan ini terjadi pada 30 persen kasus. Pendarahan terjadi ketika sel telur berada di dinding rahim dan akan terlihat darah dengan warna cokelat muda, merah, atau merah muda dalam jumlah sangat sedikit. Pendarahan ini terjadi 6 sampai 12 hari setelah Anda berovulasi dan fertilisasi terjadi. Gejala tambahan bisa berupa rasa lelah, perubahan pada payudara, sering buang air kecil, mual dan mood swing. Anda juga mengalami penurunan suhu 7 sampai 10 hari setelah ovulasi. Tapi kebanyakan gejala ini hanya akan muncul nanti selama kehamilan setelah sekitar 6 hingga 8 minggu.

 

BFI150603(3)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.