Keajaiban Perkembangan Janin pada Kehamilan Trimester Pertama

Keajaiban Perkembangan Janin pada Kehamilan Trimester Pertama

219
0
SHARE
Keajaiban Perkembangan Janin pada Kehamilan Trimester Pertama
Source: manataka

KabarFemale — Mendapatkan kabar kehamilan merupakan sebuah kebahagiaan yang tak terkira. Apalagi melihat dan mengamati keajaiban perkembangan janin dari waktu ke waktu yang begitu mengagumkan. Tahap kehamilan dibagi menjadi 3 yaitu trimester pertama, trimester kedua, dan trimester ketiga. Kali ini kita akan membahas perkembangan janin pada kehamilan trimester pertama, apa saja?
Berikut adalah keajaiban perkembangan janin pada usia kehamilan trimester pertama:

  1. Fertilisasi
    Perkembangan janin pada usia kehamilan trimester pertama yaitu fertilisasi. Sekitar dua minggu setelah hari pertama haid terakhir, maka sel telur akan dilepaskan dan siap untuk pembuahan. Setelah masa konsepsi, sel telur yang telah matang dan memiliki sekitar 23 kromosom yang akan membawa sifat genetik orang tua akan membelah dan siap melakukan perjalanan ke tuba falopi menuju uterus. Pada masa ini disebut juga dengan masa pembuahan
  2. Implantasi
    Selanjutnya setelah sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma dan telah membelah. Maka 5-7 hari kemudian sel telur akan menempel pada endometrium atau dinding rahim. Dan selanjutnya sel telur akan terus berkembang hingga terbentuk plasenta sebagai saluran nutrisi dari ibu ke janin.
  3. Minggu ke 4
    Selang dari dua minggu, maka Anda tidak akan lagi mendapati datangnya menstruasi. Pada masa ini pada janin sudah terbentuk jaringan tulang belakang yang memiliki 3 bagian dan nantinya akan berkembang menjadi organ penting pada janin.
  4. Minggu ke 6
    Memasuki minggu ke-6, Anda sudah bisa melakukan pemeriksaan dengan USG. Anda mulai dapat mendengar datang jantungnya dengan menggunakan alat yang dinamakan dengan Doppler, bukan hanya itu saja lengan dan tungkai juga sudah mulai terbentuk.
  5. Bulan ke 2
    Pada saat perkembangan janin mulai memasuki bulan ke dua, pada masa ini janin mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada bulan ini, semua jaringan organ penting pada janin mulai tumbuh. Dan pada bulan ke dua akhir Anda sudah dapat melihat janin Anda menjadi bayi mini yang memiliki ukuran sekitar 2,5 cm.
  6. Bulan ke 3
    Pada masa ini, semua jaringan organ telah lengkap. Janin juga sudah mulai bisa melakukan pergerakan halus, namun belum bisa Anda rasakan. Akan tetapi saat Anda melakukan pemeriksaan dengan USG maka Anda akan bisa mengetahui perbedaan jari-jemarinya. Pada masa ini rambutnya juga sudah mulai tumbuh. Panjangnya menjadi sekitar 10 cm dengan berat kurang lebih 100 g.

Itulah perkembangan janin pada usia kehamilan trimester pertama. Menakjubkan bukan?

BFI15040118

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY