Inilah yang Unik dari Proses Terjadinya Kehamilan Kembar

Inilah yang Unik dari Proses Terjadinya Kehamilan Kembar

234
0
SHARE
Source: Katalogibu

KabarFemale — Salah satu keunikan dari proses terjadinya kehamilan kembar adalah satu sel telur yang dapat menjadikan kembar identik, namun keunikan lainnya kehamilan kembar juga dapat berasal dari sel telur yang berbeda. Pada umumnya kehamilan kembar terbagi menjadi 2 jenis. Apa saja? Yuk simak yang satu ini ya, moms.

Inilah jenis dan proses terjadinya kehamilan kembar:

  1. Monozigot (kembar dari satu sel telur/ kembar identik)

Yang pertama yaitu monozigot atau biasa juga disebut dengan kembar dari satu sel telur. Proses terjadinya kehamilan monozigot ini dari satu sel telur yang sudah matang dan telah dibuahi oleh sel sperma. Yang unik adalah satu sel telur yang telah dibuahi ini dapat membelah menjadi dua. Setelah proses implantasi, kedua belahan ini akan berkembang sendiri-sendiri dalam rahim dan membentuk dua calon janin. Jenis kembar monozigot ini juga dinamakan dengan kembar identik atau kembar mirip. Kemungkinan terjadinya sebuah kehamilan kembar identik adalah antara 1 banding 150 kehamilan. Terjadinya kehamilan identik merupakan faktor dari alam bukan adanya keturunan. Hampir sekitar 75% kembar identik hanya mempunyai satu plasenta dan satu selaput ketuban.

Kembar identik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki jenis kelamin sama, laki-laki dengan laki-laki ataupun perempuan dan perempuan
  • Memiliki wajah dan penampilan yang sangat mirip, bahkan tingkah laku dan sifatnya biasanya juga mirip
  • Kembar identik memiliki umur yang jauh lebih panjang daripada kembar tidak identik. Bahkan kembar identik dapat mencapai umur hingga 100 tahun.
  1. Dizigot (kembar dari dua telur/ kembar fraternal)

Selanjutnya ada kembar dizigot atau kembar fraternal atau kembar tidak identik. Kembar dizigot ini terjadi dari satu atau lebih sel telur yang dapat dibuahi oleh dua sel sperma berbeda. Lalu keduanya akan berkembang menjadi calon janin yang berbeda. Kemungkinan dapat terjadinya kehamilan kembar fraternal ini yaitu antara 1-60 kelahiran dan merupakan faktor keturunan.

Kembar fraternal memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Jenis kelamin bisa sama bisa juga berbeda atau laki-laki dan perempuan
  • Memiliki wajah dan penampilan yang cenderung tidak mirip. Jika laki-laki dan perempuan biasanya terlihat seperti kakak adik
  • Kembar fraternal juga memiliki umur yang panjang antara 60-90 tahun, namun tidak sepanjang seperti kembar identik.

Itulah proses terjadinya kehamilan kembar dan jenisnya. Namun meskipun anda tidak memiliki bayi kembar, tetaplah bersyukur karena anak merupakan karunia yang harus dijaga dan disayangi. Semoga bermanfaat.

 

BFI150501130

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY