Inilah 5 Tanda-tanda Fisik Wanita Hamil

Inilah 5 Tanda-tanda Fisik Wanita Hamil

133
0
SHARE
Inilah 5 Tanda-tanda Fisik Wanita Hamil
Source: Klikpositif

KabarFemale — Tanda-tanda fisik wanita hamil secara langsung berhubungan dengan peningkatan tingkat hCG. Tanda awal kehamilan memengaruhi semua sistem tubuh yang menghasilkan gejala fisik mulai dari rasa sakit pada panggul, siklus menstruasi yang terhenti, mual, muntah, dan maag hingga nyeri perut, wasir, dan nafas pendek. Semua ini berhubungan dengan peningkatan hCG.

Apa saja tanda-tanda fisik wanita hamil?

Tanda tanda fisik wanita hamil paling awal adalah menstruasi yang tidak terjadi diikuti oleh hasil positif tes kehamilan. Tes kehamilan yang dilakukan di rumah atau oleh dokter, mengukur jumlah hCG pada urin atau darah wanita. Hormon ini terlepas ketika sel yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. Berikut tanda kehamilan lainnya:

Bercak atau pendarahan. Dua minggu setelah konsepsi terjadi, wanita hamil mengalami pendarahan vagina atau bercak ringan. Darah berwarna merah muda hingga coklat, dan disertai kram ringan, jadi wanita mengira ia akan mengalami menstruasi. Dikenal dengan pendarahan implantasi, terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada dinding rahim. Pendarahan ringan ini terjadi segera di saat wanita mengira mengalami menstruasi, tapi lebih pendek dan lebih ringan dari pendarahan menstruasi.

Perubahan pada payudara. Enam minggu setelah menstruasi tidak terjadi wanita merasa payudara lebih penuh dan puting lebih sensitif. Ini disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron dan estrogen, juga aliran darah ke area ini.

Kelelahan. Merasa lelah sangat wajar selama trimester pertama kehamilan, juga selama beberapa bulan terakhir sebelum melahirkan. Ini berkaitan dengan peningkatan hormon progesteron di awal kehamilan. Wanita merasa lebih mengantuk dibanding biasanya ketika satu minggu setelah konsepsi. Masuk akal bila tubuh merasa kelelahan selama fase awal kehamilan karena volume darah meningkat untuk perkembangan plasenta dan janin, yang menyebabkan jantung wanita bekerja lebih keras.

Mual-mual (morning sickness). Kondisi ini bisa terjadi kapan saja baik di siang atau malam hari. Wanita merasa tidak nyaman di perut antara 6 hingga 12 minggu kehamilan, dan ada yang merasakannya mulai membaik pada minggu 14. Mual dan muntah terjadi pada 70 hingga 85 persen wanita hamil. Gejala ini dipicu oleh perubahan hormonal kehamilan. Untuk meredakan gejalanya, makan makanan porsi kecil tapi sering, banyak beristirahat, memilih makanan yang tidak berbau menyengat, dan minum teh jahe. Bisa juga Anda konsumsi biskuit di pagi hari sebelum bangkit dari tempat tidur, mengonsumsi camilan kaya kandungan protein seperti yoghurt, dan menghindari makanan pedas dan berlemak.

BFI150303(6)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY