Chorionic Villus Sampling (CVS) di Trimester Pertama Kehamilan

Chorionic Villus Sampling (CVS) di Trimester Pertama Kehamilan

100
0
SHARE
Source: Lintas

KabarFemale — CVS adalah tes kehamilan dengan mengambil bagian kecil dari plasenta yang dilakukan di trimester pertama kehamilan. Selama hamil, plasenta memberi oksigen dan nutrisi untuk janin dan membuang produk kotoran dari darah bayi. Bagian villi dari plasenta bisa menunjukkan genetik bayi.

Risiko CVS di trimester pertama kehamilan

CVS memiliki banyak risiko, di antaranya keguguran. CVS yang dilakukan di trimester pertama kehamilan memiliki 1 dari 100 risiko keguguran. Risiko keguguran menjadi lebih tinggi ketika sampel jaringan diambil melalui serviks, bukan dari dinding perut. Risiko keguguran juga meningkat bila bayi lebih kecil dari kondisi normal pada usia gestasinya.

CVS bisa mengungkap masalah kromosom pada bayi seperti Down syndrom. CVS juga dapat digunakan untuk menguji kondisi genetik seperti cystic fibrosis. Meski CVS bisa memberi banyak informasi tentang kesehatan bayi, keputusan untuk menjalani tes ini perlu dipertimbangkan dengan seksama. Perlu dipahami risiko dari CVS dan bersiap untuk hasilnya.

CVS bisa memberi informasi tentang genetik bayi. Umumnya CVS bisa menunjukkan hasil yang berdampak besar pada kehamilan atau keputusan untuk melanjutkan kehamilan. CVS biasanya dilakukan antara kehamilan minggu 10 hingga 12, lebih awal dari tes kehamilan lainnya seperti amniocentesis.

Anda bisa mempertimbangkan menjalani CVS bila:

– Hasil prenatal screening test yang positif. Bila hasil dari screening tes positif atau mengkhawatirkan, Anda bisa memilih CVS untuk mengonfirmasi diagnosa dokter.

– Anda mengalami masalah kromosom di kehamilan sebelumnya. Bila kehamilan sebelumnya dipengaruhi Down syndrom atau masalah kromosom lainnya, kehamilan ini juga berisiko tinggi.

– Usia Anda lebih dari 35 tahun. Bayi yang lahir dari wanita dengan usia lebih dari 35 tahun memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah kromosom seperti Down syndrom.

– Ada riwayat keluarga untuk kondisi genetik tertentu, atau Anda atau pasangan adalah pembawa kondisi genetik tertentu.

CVS tidak bisa mendeteksi cacat tabung saraf, seperti spina bifida. Bila cacat tabung saraf yang jadi kekhawatiran, USG atau amniocentesis bisa dilakukan. Dokter akan berhati-hati pada CVS yang dilakukan melalui vagina bila Anda:

– Mengalami pendarahan vaginal atau bercak di dua minggu sebelumnya

– Ada infeksi serviks

– Serviks menyempit atau tersumbat

– Plasetna tidak bisa dicapai, karena rahim miring atau ada pertumbuhan di bagian bawah rahim.

Dokter bisa melakukan CVS melalui dinding perut bila:

– Rahim Anda sangat miring dan ada masalah di antara dinding perut dan rahim.

– Plasenta berada di belakang rahim dan bayi menghalangi akses ke plasenta.

BFI150603(18)

Temukan berbagai kabar terkini seputar dunia wanita mengenai health, beauty, fashion, kuliner, relationship, inspiration, mom, kids, juga lifestyle dan entertainment. Hanya di kabarfemale.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY