Cara Mencegah Kehamilan yang Akurat Tanpa Menggunakan KB

Cara Mencegah Kehamilan yang Akurat Tanpa Menggunakan KB

358
0
SHARE
Cara Mencegah Kehamilan yang Akurat Tanpa Menggunakan KB
Source: Hariandepok

KabarFemale — Kehamilan memang menjadi momen yang ditunggu oleh setiap pasangan. Akan tetapi kehamilan juga harus direncanakan dengan baik. Jarak antara anak pertama dan kedua yang baik adalah dengan selisih 4 tahun. Untuk itu mulailah berencana memprogram kehamilan dengan rentang waktu yang tepat.

Bagi Anda yang sudah memiliki anak pertama ada baiknya untuk menunda dulu momongan selanjutnya dengan mencegah kehamilan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kehamilan seperti KB. Namun KB bukanlah cara yang paling aman.

Berikut adalah cara mencegah kehamilan yang akurat tanpa menggunakan KB:

  1. Menggunakan Kondom (99% akurat)

Salah satu cara mencegah kehamilan yang akurat yaitu dengan menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual. Alat kontrasepsi satu ini aman dan efektif untuk mencegah kehamilan. Kondom memiliki akurasi sebesar 99% mampu mencegah kehamilan. Selain itu alat ini juga sangat mudah untuk digunakan.

  1. Dengan metode kalender (80% akurat)

Cara mencegah kehamilan selanjutnya yaitu dengan menggunakan metode kalender. Metode ini dapat dilakukan dengan cara penghitungan sesuai masa subur wanita. Artinya Anda harus tahu siklus menstruasi Anda. Biasanya masa subur berlangsung sekitar seminggu setelah masa menstruasi selesai. Penghitungan ini berdasarkan siklus menstruasi normal wanita yang berselang selama 28 hari.

  1. Melakukan ejakulasi di luar vagina (99% akurat)

Selain itu cara lainnya yaitu dengan melakukan ejakulasi di luar vagina. Bila Anda tidak bisa mengurangi intensitas untuk berhubungan seksual, maka Anda tetap bisa melakukannya dengan melakukan ejakulasi di luar vagina. Cara ini cukup efektif karena ejakulasi yang dikeluarkan di luar vagina dapat mencegah sperma masuk ke sel telur.

  1. Metode pemeriksaan mucus atau lendir

Selanjutnya Anda juga bisa mencegah kehamilan dengan melakukan pemeriksaan terhadap mucus atau lendir yang keluar dari vagina sebagai respons pada hormon estrogen wanita. Lendir ini akan keluar berwarna putih telur dan banyak sebelum proses pelepasan sel telur dari ovarium. Anda bisa mendeteksi apakah ada lendir pada pakaian dalam Anda, bila Anda mendapati adanya mucus yang berlebih maka Anda harus berhenti melakukan aktivitas seksual kurang lebih selama 3 hari setelah ditemukannya mucus.

Itulah beberapa cara mencegah kehamilan tanpa menggunakan KB yang dapat Anda lakukan. Selain hal-hal di atas, ada juga cara yang lainnya. Namun, kita akan membahasnya di lain waktu. Semoga bermanfaat.

 

BFI1505017

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY