Apa Saja Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 3?

Apa Saja Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 3?

320
0
SHARE
Apa Saja Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 3?
Source: Sheknows

KabarFemale — Tak ada ibu hamil yang menginginkan terjadi hal buruk dalam kehamilannya. Semua ibu hamil pasti akan melakukan apa saja untuk membuat bayinya selamat pada saat kelahiran nanti. Namun terkadang ada tanda bahaya kehamilan yang patut dicurigai, apalagi jika usia kehamilan memasuki trimester 3.

Berikut adalah tanda bahaya kehamilan trimester 3:

  1. Mual-mual dan muntah berlebihan (hiperemesis gravidarum)

Tanda bahaya kehamilan trimester 3 yang pertama adalah gejala mual-mual dan muntah secara berlebihan atau disebut juga dengan hiperemesisi gravidarum. Sebenarnya gejala ini memang umum dialami oleh ibu hamil, biasanya mual-mual dan muntah terjadi pada trimester pertama antara 1 sampai 10 minggu pertama. Akan tetapi jika mual-mual dan muntah terjadi selama 9 bulan penuh, maka akan bahaya karena dapat menyebabkan Anda lemas karena asupan nutrisi yang tidak terserap sempurna.

  1. Pendarahan yang terjadi di beberapa trimester

Menurut Peter Bernstein, MD, profesor obgin klinis di Albert Einstein College of Medicine dan Montefiore Medical Center di Bronx, jika pendarahan terjadi pada trimester pertama dan terasa begitu sakit disertai kram perut seperti saat menstruasi dan perasaan ingin pingsan maka hal ini termasuk tanda kemungkinan kehamilan kosong. Bukan hanya pada trimester pertama saja. Akan tetapi jika pendarahan terjadi disertai dengan gejala lainnya pada trimester berapa pun maka Anda harus segera berkonsultasi ke dokter.

  1. Keaktifan janin menurun

Jika Anda tidak lagi sering merasakan tendangan-tendangan lincah dari janin pada trimester ketiga, maka Anda patut curiga. Hal ini bisa saja karena bayi kekurangan oksigen dan sumber nutrisi dari saluran plasenta. Namun menurut Bernstein Anda dapat memancingnya dengan memakan makanan yang memiliki suhu dingin lalu cobalah untuk tidur dengan posisi miring dan coba rasakan apakah ada pergerakan janin atau tidak. Jika hal ini terjadi makan jangan tunda lagi untuk segera berkunjung ke dokter.

  1. Adanya kontraksi dini pada trimester ketiga

Tanda bahaya kehamilan trimester 3 selanjutnya adalah adanya kontraksi dini. Kontraksi ini bisa berarti merupakan tanda kelahiran sebelum masanya. Namun tidak sedikit juga dari ibu hamil sering salah dalam mengartikan kontraksi ini sehingga mendapatkan false labor atau tanda kelahiran palsu. Menurut Braxton-Hicks, false labor tidak dapat diprediksi biasanya akan berhenti setelah satu jam atau setelah Anda minum air. Sedangkan kontraksi nyata saat akan melahirkan terjadi kurang lebih selama 10 menit dengan intensitas yang semakin meningkat.

Itulah 4 tanda bahaya kehamilan trimester 3. Semoga bermanfaat, ya, Bun.

BFI15030137

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY