Apa Saja Susu yang Bagus untuk Ibu Hamil?

Apa Saja Susu yang Bagus untuk Ibu Hamil?

285
0
SHARE
Apa Saja Susu yang Bagus untuk Ibu Hamil?
Source: Pinimg

KabarFemale — Ada beberapa peneliti yang mengatakan bahwa beberapa jenis produk susu seperti susu kedelai tidak baik untuk hamil. Memang hal ini benar jika ibu hamil masih memasuki masa trimester pertama. Akan tetapi pada trimester selanjutnya justru sebaliknya.

Beberapa waktu lalu juga disebutkan oleh dr. Hiromi Shinya bahwa susu sapi justru membahayakan tubuh. Tentu Anda bingun kan, padahal anjuran minum susu adalah untuk melengkapi sumber nutrisi dalam tubuh, lalu mengapa bisa bahaya?

Menurut penelitiannya selain kalsium ternyata 80% kandungan lainnya adalah kasein dimana kasein ini sangat susah untuk dicerna lambung. Sedangkan pada ibu hamil yang mengonsumsi susu sapi juga dapat beresiko bayi akan mengalami mudah alergi pada masa pertumbuhannya. Susu sapi memang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi menurut buku ‘Mitos dan Fakta Keseehatan’ karya Erikar lebang bahwa ada beberapa komposisi dari susu yang justru akan memberikan dampak buruk pada pencernaan. Kandungan tersebut adalah tingginya laktosa, lemak dan protein, ketiga komposisi tersebut dapat menimbulkan masalah pada pencernaan jika dikonsumsi secara berkepanjangan.

Lalu apa saja jenis susu yang baik untuk ibu hamil?

Berikut adalah susu yang bagus untuk ibu hamil:

  1. Yogurt

Produk susu yang bagus untuk ibu hamil yang pertama adalah yogurt. Menurut ulasan  thinkofthechildrenfirst.com ibu hamil tetap boleh kok minum produk susu, asalkan tahu aturannya. Selama bunda sudah melewati proses pasteurisasi maka bunda telah dapat lampu hijau untuk mengonsumsi susu. Pasteurisasi adalah proses pengolahan susu dengan suhu di bawah titik didih. Dan kebanyakan dari yogurt telah mengalami proses pasteurisasi.

Ibu hamil justru disarankan untuk minum yogurt, karena yogurt memiliki sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang bayi. Selain itu yogurt juga telah melewati masa fermentasi sehingga sangat cocok untuk pencernaan ibu hamil. Bahkan dengan mengonsumsi yogurt secara rutin dapat melancarkan buang air besar yang biasanya menjadi masalah ibu hamil. Untuk itu jangan lupa mengonsumsi yogurt ya, bunda.

  1. Susu kedelai

Boleh atau tidaknya ibu hamil mengonsumsi susu kedelai memang menjadi kontroversi. Awalnya memang tidak dianjurkan karena kandungan estrogen yang sangat tinggi pada kedelai, akan tetapi penelitian baru-baru ini mengatakan bahwa ibu hamil boleh mengonsumsi susu kedelai karena kandungannya yang baik.

Dr. Mirriam Stoppard penulis dari buku Conception, Pregnancy, and Birth mengatakan agar ibu hamil menghindari makanan berlemak dan makanan manis. Sedangkan kedelai merupakan sumber protein tanpa lemak, sehingga kandungan inilah yang baik untuk ibu hamil. Sumber protein nabati justru lebih baik daripada protein hewani. Kandungan ini sangat baik untuk jantung. Bukan hanya itu susu kedelai juga memiliki kandungan lemak omega-3 yang baik untuk jaringan otak. Meskipun lemak, namun lemak nabati dengan kadar sedikit justru menjadikan lebih sehat. Dengan alasan inilah ibu hamil bisa mengonsumsi susu kedelai, namun tetap setelah melewati masa trimester pertama ya, bun, karena sebelum itu justru kedelai dapat mengganggu perkembangan janin.

Nah sekarang sudah tahu ‘kan, pun, apa saja susu yang bagus untuk ibu hamil? Semoga bermanfaat.

BFI15030154

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY