5 Nutrisi Kehamilan 7 Bulan

5 Nutrisi Kehamilan 7 Bulan

199
0
SHARE
5 Nutrisi Kehamilan 7 Bulan
Source: Pinterest

KabarFemale — Memasuki usia kehamilan 7 bulan, janin akan berkembang dengan sangat pesat. Untuk itu dibutuhkan nutrisi yang cukup untuk membantu perkembangannya agar selalu sehat dan optimal. Bukan hanya itu saja pada masa ini bunda juga membutuhkan banyak asupan nutrisi, karena janin akan menyerap nutrisi dalam tubuh nada lebih banyak dari sebelumnya.

Berikut adalah nutrisi kehamilan 7 bulan yang harus Anda cukupi setiap hari:

  1. Kalori

Pada masa kehamilan 7 bulan, kebutuhan kalori harus dipenuhi lebih dari sebelumnya. Untuk mencukupinya Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan sumber karbohidrat seperti nasi merah, kentang, dan ubi jalar. Dengan begitu tubuh Anda tidak akan kekurangan asupan kalori yang sangat penting untuk menunjang ketahanan tubuh Anda selama hamil. Namun pastikan Anda telah memiliki penghitungan jumlah kalori yang tepat dan tidak berlebihan sehingga Anda juga tidak akan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan yang tidak normal.

  1. Yodium

Nutrisi selanjutnya yang juga tak kalah penting adalah kebutuhan asupan yodium. Kebutuhan kalsium sangat penting dalam proses pembentukan sel baru. Selain itu yodium juga memiliki kandungan tiroksin yang dapat mengurangi risiko bayi lahir dengan ukuran kerdil. Untuk pastikan kebutuhan yodium Anda selalu tercukupi selama hamil. Anda bisa mendapatkannya dari garam beryodium, dan dari ikan laut. Namun jangan sampai berlebihan ya, bun.

  1. Vitamin B

Nutrisi yang juga harus Anda konsumsi adalah vitamin B terutama jenis vitamin B6. Karena vitamin B6 dapat membantu proses kimia melalui enzim. Selain itu vitamin B6 juga memiliki peran penting dalam proses metabolisme tubuh. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin B6 dari daging dan ikan, namun pilihlah jenis ikan yang tidak banyak mengandung merkuri. Ikan salmon adalah pilihan ikan terbaik yang dapat Anda konsumsi selama hamil.

  1. Kalsium

Selain itu nutrisi lainnya yang juga tidak boleh terlewat adalah kebutuhan kalsium. Pastikan Anda selalu minum susu setiap hari menjelang tidur. Susu merupakan sumber kalsium terbaik. Bila anda tidak suka minum susu maka pilihlah produk olahan susu lainnya seperti keju dan yoghurt yang juga memiliki kandungan kalsium sama yang dapat membantu proses pertumbuhan tulang janin.

  1. Pepaya

Jangan menyepelekan buah yang satu ini. Karena pepaya sangat baik dikonsumsi ibu hamil dan dapat membantu mengurangi heartburn atau rasa panas pada hati yang kerap terjadi di saat masa kehamilan. Namun pilihlah pepaya yang benar-benar matang ya, bun, karena jika pepaya masih kurang matang maka getahnya akan bereaksi buruk terhadap kehamilan Anda.

Itulah 5 nutrisi yang harus Anda konsumsi di kehamilan 7 bulan. Semoga bermanfaat.

 

BFI15050120

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY