10 Tips Lengkap Gizi pada Ibu Hamil

10 Tips Lengkap Gizi pada Ibu Hamil

137
0
SHARE
Source: Teruskan

KabarFemale — Menjaga kehamilan tentu harus dimulai sejak dini. Salah satu caranya adalah memenuhi gizi pada ibu hamil dengan rutin mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Namun karena tidak mau terlalu sering mendapatkan gejala mual-mual dan muntah akhirnya bunda lebih memilih mengurangi jumlah makanan tertentu.

Sebenarnya hal ini tidaklah efektif, karena selama hamil Anda harus mendapatkan jumlah nutrisi yang cukup. Untuk itu Anda harus tetap menjaga pola asupan nutrisi agar selalu masuk dalam tubuh setiap hari ya, bun. Berikut ini adalah tips lengkap gizi pada ibu hamil yang dapat Anda coba praktikkan:

  1. Kurangi jumlah makanan yang berlemak dan manis
  2. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti halnya buah dan sayuran
  3. Penuhi juga asupan vitamin dan kebutuhan mineral setiap hari dengan minum air minimal 1 liter per hari dan ditambah juga dengan suplemen sesuai dengan saran dokter
  4. Pastikan kebutuhan kalsium mencapai 1000-1300 mg tiap harinya, Anda bisa mendapatkannya dari produk susu
  5. Selain itu pastikan asupan zat besi selalu cukup dan mencapai 27 mg per harinya
  6. Pilihlah sekiranya minimal satu sumber alami vitamin C seperti dari buah jeruk, stroberi, tomat, dan lain-lain. Pastikan kebutuhan vitamin C Anda mencapai 70 mg tiap hari, agar Anda selalu terhindar dari kemungkinan gejala anemia.
  7. Jangan lupa juga untuk memilih sumber asam folat sebagai komponen penting pendukung nutrisi ibu hamil. Anda bisa mendapatkannya dari sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli dan sebagainya
  8. Penuhi juga kebutuhan vitamin A dari wortel, pepaya, labu, bayam, dan sebagainya untuk tetap mendukung perkembangan janin agar selalu optimal
  9. Bukan hanya itu saja, Anda juga haru memenuhi kebutuhan protein yang bisa Nada dapatkan dari tahu, telur, ikan, dan daging.
  10. Dan yang terakhir pastikan Anda juga tetap bergerak dan melakukan olahraga, karena hal ini akan membuat Anda tetap fit dan bugar. Namun pilihlah olahraga ringan seperti yoga, pilates, ataupun senam khusus ibu hamil. Olahraga juga akan membantu memudahkan Anda dalam proses persalinan.

Itulah 10 tips lengkap gizi ibu hamil yang dapat Anda jadikan referensi untuk selalu memenuhi nutrisi selama hamil agar pertumbuhan dan perkembangan kehamilan juga janin Anda bisa optimal hingga masa persalinan nanti. Semoga bermanfaat ya, bun.

 

BFI150401109

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY