Kecantikan Kulit Wajah: Cara Mengatasi Jerawat

Kecantikan Kulit Wajah: Cara Mengatasi Jerawat

193
0
SHARE
source : stikes.com

KabarFemale—Jerawat adalah gangguan kecantikan kulit wajah yang disebabkan oleh peradangan kelenjar kulit dan folikel rambut. Karena terbentuk di bawah kulit, menghilangkan lapisan minyak tidak bisa mencegah atau menyembuhkan jerawat. Penanganan jerawat memiliki tiga kategori: membersihkan, menghilangkan, dan mengobati.

Menjaga kecantikan kulit wajah dengan membersihkan jerawat

Mitos yang mengatakan orang memiliki jerawat karena tidak membersihkan wajah. Mencuci wajah dengan lembut memang penting tapi terlalu banyak membersihakn bisa mengiritasi kulit menyebabkan kulit lebih terinfeksi dan jerawat muncul lebih banyak. Gunakan pembersih wajah ringan, atau permbersih khusus kulit berjerawat.

Pengangkatan lapisan sel kulit yang mati, juga penting untuk kulit yang sehat. Setelah mencuci wajah dengan pembersih ringan, lanjutkan dengan scrub wajah satu hinga dua kali seminggu. Ini bisa membantu menurunkan sel kulit mati dan serpihan yang bisa menyumbat paru-paru dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

Untuk menghindari penyumbatan pada pori, semua kosmetik, lotion, dan tabir surya harus bebas minyak. Untuk menghindari kulit kering, gunakan lotion bebas minyak. Untuk menghindari luka bakar akibat sinar matahari gunakan produk bebas minyak. Dan perhatikan juga penggunaan produk rambut dan jel yang biasanaya sangat berminyak.

Pengobatan untuk jerawat

Benzoyl peroxide
Benzoyl peroxide bisa diperoleh di apotek. Produk ini membunuh bakteri yang memperparah jerawat, melancarkan kelenjar minyak yang tersumbat dan membantu penyembuhan jerawat.
– Mulai dengan menggunakan 5 persen lotion satu kali dalam sehari misalnya setelah mencuci muka sebelum tidur.
– Setelah satu minggu, tingkatkan jadi dua kali dalam sehari bila tidak menggunakan obat lain.
– Bila jerawat tidak membaik setelah 4 hingga 6 minggu, coba larutan 10 persen, yang juga tersedia tanpa resep dokter.

Antibiotik
Antibiotik tersedia dengan resep dokter. Antibiotik sangat bermanfaat untuk jerawat yang bengkak dan merah, atau untuk jerawat yang tidak membaik dengan obat lain. Antibiotik membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.
– Pastikan mengikuti petunjuk dokter. Minum pil antibiotik dengan banyak air putih.
– Beberapa antibiotik bisa meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar matahari, kenakan tabir surya ketika berada di luar ruangan.

Accutane
Mengatasi jerawat akan memancarkan kecantikan kulit wajah Anda. Salah-satu produk yang digunakan adalah Accutane. Accutane hanya digunakan dengan resep dokter. Accutane adalah pil yang sangat kuat dan diperuntukkan bagi orang dengan bekas luka parah, atau jerawat yang tidak bisa dikontrol dengan obat lain.
– Tes darah dilakukan secara rutin ketika menggunakan Accutane, karena bisa mempengaruhi jumlah sel darah dan tingkatnya.
– Untuk wanita, dokter akan memastikan Anda menggunakan dua jenis alat kontrasepsi sebelum meresepkan Accutane, karena sangat berbahaya bagi pertumbuhan janin dan wanita hamil.

 

AFI150901(29)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY