Kebiasaan Memasak yang Merusak

Kebiasaan Memasak yang Merusak

114
0
SHARE
© camaje

KabarFemale—Memperhatikan dengan seksama kebiasaan memasak dapat membantu Anda makan lebih sehat. Ketika memasak di rumah, dan terutama bila Anda merasa nyaman melakukannya, Anda cenderung melanggar “aturan.”

Mungkin Anda menambahkan beberapa jumput garam atau menggunakan minyak tanpa menakarnya. Hal-hal sepele seperti ini bisa menjadi masalah. Berikut ini beberapa kebiasaan memasak yang bisa mengganggu pola makan sehat Anda:

Menggunakan terlalu banyak minyak

Bukan rahasia lagi bila minyak terdiri dari banyak kalori dan rata-rata sekitar 120 kalori pada tiap sendok makannya. Beberapa resep menyebutkan jumlah yang pasti, ada juga yang menyebut “minyak melapisi wajan.” Tapi seberapa banyak sebenarnya untuk melapisi wajan dengan minyak?

Minyak yang dikatakan cukup apakah hanya membasahi wajan atau hingga setengah inci kedalamannya? Sangat bijak bila Anda selalu menakar minyak, meski resep menyarankan Anda hanya memperkirakan yang dibutuhkan.

Tak ada takaran pada resep? Mulailah dengan satu sendok makan dan ratakan ke seluruh wajan. Bila wajan telah terlapisi sempurna, berarti jumlah itu sudah cukup. Ingat, bila Anda menggunakan wajan anti lengket, Anda bisa menggunakan minyak lebih sedikit dibanding menggunakan wajan stainless steel.

Terlalu banyak mencicipi

Mudah saja untuk mengunyah kacang yang sedang Anda giling atau mencicipi masakan satu atau dua kali untuk menyesuaikan rasa, tapi melakukanini berarti ada kalori yang tidak perlu. Bagaimana cara menghindari mengunyah saat memasak? Jangan memasak dengan perut kosong. Makan cemilan ringan sebelum mulai memasak untuk menahan diri higga waktu makan tiba. Bila tidak berada dalam kondisi sangat lapar, Anda kurang tergoda untuk mengunyah makanan.

Mengabaikan ukuran penyajian

Bila Anda menghitung jumlah kalori, Anda akan memilih resep berdasarkan pembagian nutrisinya. Itu awal yang baik, tapi pastikan untuk memperhatikan ukuran penyajian. Beberapa resep membagi total kalori dengan jumlah penyajian untuk menginformasikan jumlah kalori pada tiap penyajian. Resep lainnya memberi Anda ukuran yang tepat untuk tiap penyajian. Sebaiknya gunakan gelas takar dan sendok ukur agar Anda tidak kurang atau melebihi porsi ukuran penyajiannya.

Masak terlalu banyak

Bila Anda masak untuk dua orang, membuat resep untuk penyajian 12 orang menjadi hal yang keliru. Kecuali Anda bisa membekukan makanan yang Anda masak untuk hari-hari berikutnya, coba buat resep yang sesuai dengan jumlah orang yang ada, dengan begitu Anda tidak tergoda untuk makan lebih dari yang disajikan. Jika ada banyak sisa makanan, pastikan untuk menjauhkannya dari meja makan supaya Anda tidak menghabiskannya.

 

AFI150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY