Kapan Wanita Hamil Mengalami Morning Sickness? (1)

Kapan Wanita Hamil Mengalami Morning Sickness? (1)

177
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale—Segera setelah tahu Anda hamil, satu dari sekian banyak pertanyaan selanjutnya adalah, “Kapan morning sickness dimulai?” Kedatangan morning sickness selama hamil sering terasa seperti campuran keberkahan. Di satu sisi, Anda mengalami mual dan pusing seperti perasaan nyaman, untuk menenangkan Anda kalau hormon kehamilan dalam kondisi sehat dan semua berjalan baik.

Tapi di sisi lain, efek morning sickness tidak bisa disepelekan. Morning sickness bisa sangat mengganggu, bisa menyebakan kehilangan waktu untuk bekerja, sulit melakukan aktifitas keseharian, dan membuat Anda tidak bisa sepenuhnya menikmati kehamilan.

Morning sickness dialami oleh sekitar 80 persen wanita di kehamilan trimester pertama. Meski menjadi keluhan kehamilan paling umum, para peneliti masih belum memahami apa penyebabnya. Sepertinya hormon kehamilan hCG memiliki peran besar untuk hal ini. Tingkat hCG meningkat pada 10 minggu gestasi, ketika kebanyakan wanita mengalami mual dan muntah paling parah. Mual dan muntah mulai mereda di minggu 16, tapi bagi beberapa wanita, gejala terus terasa sepanjang kehamilan.

Hormon hCG bukan satu-satunya penyebab morning sickness. Perubahan pada tingkat estrogen, tiroid, dan tiroksin, juga berperan. Penyebab lain termasuk perubahan tekanan darah dan perubahan metabolisme tubuh selama hamil.

Morning sickness yang sangat parah disebut Hyperemesis Gravidarum. Ini terjadi pada sekitar 2 persen wanita hamil. Bila Anda muntah berkali-kali dalam sehari dan tidak bisa makan atau minum, kemungkinan Anda mengalaminya. Anda perlu pertolongan medis karean beresiko mengalami dehidrasi.

Meski disebut morning sickness, Anda bisa mengalaminya kapanpun atau bahkan sepanjang hari. Jangan keliru mengira kalau tidak ada morning sickness berarti ada maslah dengan kehamilan. Setiap individu unik, Anda bisa mengalami morning sickness parah sedang yang lainnya hanya ringan saja, dan beberapa wanita tidak mengalami morning sickness sama sekali.

Ada kemungkinan untuk mencegah morning sickness. Beberapa penelitian menyatakan kalau mengkonsumsi vitamin pranatal sebelum hamil bisa mengurangi kemungkinan Anda mengalaminya. Melanjutkan konsumsi vitamin selama hamil juga bisa membantu mengurangi gejalanya, terutama bila Anda minum vitamin B6. Tanyakan ke dokter untuk dosis yang tepat.

Cara tubuh bereaksi pada pengobatan untuk morning sickness bisa bervariasi bergantung individu. Anda bisa coba beberapa hal berikut untuk mengetahui mana yang bisa membantu meredakan morning sickness yang Anda alami:

Istirahat
Ini mungin sulit dilakukan bagi banyak wanita, tapi kadang yang tubuh butuhkan hanyalah beristirahat. Jangan memaksakan diri. Sekarang waktunya untuk meminta bantuan dari pasangan, keluarga, dan teman. Luangkan waktu untuk diri sendiri.

AFI150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY