Kapan Mulai Menggosok Gigi Bayi?

Kapan Mulai Menggosok Gigi Bayi?

226
0
SHARE
source : buahhati.co.id

KabarFemale—Ketika bayi mulai tumbuh, mulutnya perlahan akan berubah dari senyuman dengan gusi menjadi terisi gigi. Meski gigi-giginya berukuran kecil, tapi penting karena kelak akan jadi tempat untuk gigi permanen. Anda harus menjaga gigi bayi agar bebas dari kerusakan karena jika tidak sehat anak akan mengalami kesulitan mengunyah dan masalah bicara. Untuk melindungi gigi bayi, banyak orangtua bertanya tentang kapan mulai menggosok gigi bayi.

Anda perlu mulai menggosok gigi bayi segera setelah tumbuh gigi pertama dan lakukan dua kali dalam sehari. Dengan mulai sejak dini, bayi akan terbiasa dengan hal ini. Gigi pertama bisa bervariasi tapi biasanya gigi depan bawah yang muncul sekitar usia 6 bulan. Kebanyakan bayi sehat akan memiliki 20 gigi susu saat mereka berumur dua setengah tahun. Anda harus terus menggosok gigi bayi hingga ia mencapai usia 7 tahun, ketika ia sudah bisa melakukannya sendiri dengan benar.

Cara membersihkan gigi bayi:
– Sikat dua kali dalam sehari. Coba gosok gigi bayi dua kali dalam sehari. Idealnya sekali di pagi hari dan satu kali setelah terakhir ia minum.
– Lakukan gerakan melingkar perlahan. Gunakan sedikit pasta gigi yang menutupi ¾ bulu sikat gigi. Gunakan gerakan melingkar perlahan ketika menggosok dan fokus pada bagian pertemuan gigi dan gusi. Jangan menggosok terlalu keras karena bisa menimbulkan rasa sakit.
– Minta anak mengeluarkan sisa pasta gigi setelah mengosok gigi tapi jangan bilas mulutnya karena bisa mengurangi efektifitas kerja pasta gigi.
– Akan lebih mudah membersihkan gigi bayi bila ia duduk di pangkuan atau tidak menghadap Anda.
Biarkan bayi memegang sikat gigi. Membiarkan bayi memegang sikat gigi akan membuatnya merasa memiliki kontrol. Anda bahkan bisa membiarkannya menggosok gigi sendiri dengan pengawasan Anda.
– Kapanpun memungkinkan, biarkan bayi melihat Anda menggosok gigi karena ini akan membantunya melakukan kebiasaan ini.
– Bila Anda membutuhkan panduan tentang bagaimana menggosok gigi bayi, bicaralah pada dokter gigi.

Beberapa cara bisa Anda lakukan untuk melindungi gigi bayi:
– Kurangi asupan gula. Hanya berikan makanan dengan kandungan gula saat makan dan 4 kali sehari adalah jumlah maksimal.
Hanya berikan bayi ASI, susu formula, atau air putih. Minuman lain mengandung banyak kandungan gula.
– Pastikan bayi mendapat makanan yang sehat dan bergizi seimbang, bebas dari makanan berpemanis.
– Selalu periksa bahan pembuat makanan untuk makanan bayi untuk memastikan bebas pemanis dan jangan tambahkan gula.
– Kapanpun memungkinkan, berikan obat yang bebas pemanis.

 

AFI150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY