Kapan Bayi Mulai Tumbuh Rambut?

Kapan Bayi Mulai Tumbuh Rambut?

200
0
SHARE
source ; tabloid-nakita.com

KabarFemale—Sebagai orangtua Anda tentu ingin tahu kapan bayi mulai tumbuh rambut. Beberapa bayi tetap botak selama bertahun-tahun sedang lainnya punya kepala yang penuh rambut segera setelah lahir. Meski ada perbedaan tentang bagaimana bayi berkembang, ada kesamaan pola pertumbuhan rambut dan waktu kapan pertumbuhan rambut mulai terjadi. Orangtua tidak perlu khawatir bila bayi memiliki rambut yang lebih banyak atau lebih sedikit dibanding bayi lain. Yang paling penting Anda memahami cara terbaik untuk merawat rambut bayi dengan baik.

Sulit untuk memprediksi kapan bayi mulai tumbuh rambut karena pola pertumbuhannya memiliki variasi pada tiap anak. Beberapa bayi punya sangat sedikit rambut ketika lahir sedang lainnya sudah memiliki kepala yang ditutupi rambut sepenuhnya. Bayi juga kehilangan rambut yang ada sejak lahir dalam 6 bulan awal usianya. Kadang rambut ini akan tumbuh kembali meski memiliki tekstur dan warna berbeda dari yang awal.

Ada beberap hal lain yang perlu Anda tahu selain kapan bayi mulai tumbuh rambut:
Kerontokan pada rambut bayi
Semua bayi mengalami rambut rontok, meski waktu terjadinya bervariasi. Penyebabnya tidak diketahui, tapi diyakini terkait dengan perubahan tingkat hormon. Anda akan melihat pertumbuhan rambut baru sekitar bulan 9 hingga 12 meski tidak wajar untuk anak masih botak di usia 1 tahun.

Area botak di kepala bayi
Peningkatan area botak di kepala bayi mungkin disebabkan bayi sering tidur telentang. Perbanyak waktu tengkurap ketika ia terjaga untuk membuat kepala berbentuk bundar dan mencegah area botak.

Mengatasi cradle cap
Cradle cap berarti kulit kepala yang mengelupas. Ini tidak berbahaya tapi bisa mengganggu. Cukup pijat kulit kepala bayi sebelum mencuci rambut setiap hari untuk membantu melepas kulit yang bersisik. Minyak mineral juga bisa membantu menutrisi kulit untuk mencegah cradle cap.

Bila anak tidak juga tumbuh rambut tapi kulit kepala terlihat sehat, tanpa warna kemerhan atau bersisik, berarti tidak ada masalah. Bila terlihat efek samping ini bicara pada dokter untuk mengetahui apakah dibutuhkan salep untuk mengatasinya. Konsultasikan ke dokter bila rambut belum juga tumbuh di usia 1 tahun.

Faktor genetik akan menentukan tekstur dan warna rambut anak. Pertumbuhan dan perkembangna rambut Anda bisa mengindikasikan bagaimana dan kapan rambut anak akan berubah. Rambut bayi biasanya sangat halus dan bisa menjadi keriting lebih mudah dibanding rambut orang dewasa. Biasanya rambut menjadi lurus dan lebih gelap warnanya di usia 2 hingga 3 tahun.

AFI150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY