Kapan Anda Bisa Tahu Jenis Kelamin Bayi?

Kapan Anda Bisa Tahu Jenis Kelamin Bayi?

172
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale—Kehamilan adalah rentang waktu 9 bulan yang penuh pertanyaan. Seperti apa bayi Anda kelak? Apakah hidungnya akan mirip hidung Anda? Apakah ia laki-laki atau perempuan? Seperti apa kepribadian yang ia miliki? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang belum terjawab lainnya. Tapi bagian yang menyenangkan adalah Anda bisa mengetahui jenis kelamin bayi sebelum ia lahir.

Yang perlu diingat, jenis kelamin dan gender adalah dua hal yang berbeda. Anda bisa mengetahui jenis kelamin bayi, tapi gender bayi bukan sesuatu yang bisa dilihat atau diputuskan. Jenis kelamin ditentukan di saat konsepsi, tapi Anda harus menunggu sedikit lebih lama. Alat genital bayi akan mulai terbentuk di minggu 6, tapi tidak akan terlihat berbeda hingga akhir minggu 11. Bila bayi Anda laki-laki, penisnya akan mulai berkembang. Jika bayi Anda perempuan, klitoris dan labia majora akan mulai berkembang.

Ada beberapa kemungkinan untuk mengetahui jenis kelamin bayi sebelum ia lahir. Kebanyakan orangtua melakukannya melakui USG pada minggu 18 hingga 21, meski bisa juga diketahui lebih dini. Amniocentesis adalah tes untuk menentukan apakah ada kondisi genetik yang abnormal. Tes ini biasanya hanya ditawarkan pada wanita yang bayinya dianggap beresiko tinggi mengalami masalah genetik. Bila Anda ditawari tes ini, Anda bisa mengetahui jenis kelamin bayi lebih awal.

Kadang amniocentesis dilakukan antara minggu 16 dan 22, dan ada resiko keguguran karena jarum menusuk kantung ketuban. Tes kromosom lainnya dikenal dengan Chorionic Villus Sampling (CVS), meski tidak selazim amniocentesis. Tes ini hanya ditawarkan jika bayi dianggap beresiko tinggi mengalami gangguan genetik. Jiak Anda menjalani tes ini, Anda bisa mengetahui jenis kelamin bayi. Chorionic Villus Sampling (CVS) biasanya dilakukan pada minggu 11 hingga 14.

Kebanyakan wanita menjalani USG antara minggu 18 dan 21, yang merupakna scan detail untuk menemukan kondisi abnormal yang potensial pada perkembangan janin. Dokter akan fokus pada tiap organ bayi untuk memastikan perkembangannya baik.

Di saat ini juga, dokter bisa mengidentifikasi jenis kelamin bayi. Tapi yang menjadi fokus USG ini adalah perkembangan bayi. Untuk mengetahui jenis kelamin bayi, ia harus berada di posisi yang tepat. Kadang posisinya tersembunyi sehingga dokter tidak bisa memeberitahu Anda jenis kelaminnya. Jangan dulu merasa kecewa bila hal ini terjadi, jenis kelamin bayi tidak akan jadi rahasia untuk selamanya.

AFI150501

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY