Jenis Olahraga Yang Aman Di Kehamilan Trimester Pertama

Jenis Olahraga Yang Aman Di Kehamilan Trimester Pertama

149
0
SHARE
Jenis Olahraga Yang Aman Di Kehamilan Trimester Pertama
Source : .slate.com

KabarFemale—Berolahraga selama kehamilan trimester pertama memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kualitas tidur, mengurangi bengkak atau sakit punggung karena kehamilan, membuat persalinan dan melahirkan lebih mudah, menyediakan endorphin yang membuat Anda lebih bahagia dan berenergi, serta membantu bentuk tubuh kembali lebih cepat setelah melahirkan.

Olahraga yang aman selama kehamilan trimester pertama

Jika Anda baru saja memulai berolahraga di kehamilan trimester pertama, kuncinya adalah melakukan kebiasaan ini secara perlahan, hanya 15 menit per sesi, dua atau tiga kali dalam seminggu. Anda bisa meningkatkannya jadi lebih sering, lebih lama bila Anda mampu. Anda harus melakukan pemanasan, dan secara perlahan mengurangi latihan sebelum menyelesaikan sesi olahraga. Selalu berhenti jika Anda merasa kehabisan nafas.

Aerobik low-impact, yoga dan teknik relaksasi, pilates, perenggangan, dan latihan Kegel bisa dilakukan dengan aman selama trimester pertama kehamilan. Latihan aerobik adalah latihan fisik yang bisa meingkatkan pernafasan dan detak jantung. Misalnya berjalan kaki dengan cepat dan berenang. Olahraga aerobik bisa:
– Meningkatkan penggunaan oksigen oleh tubuh
– Meningkatkan aliran oksigen ke janin
– Mencegah masalah seperti hemoroid, retensi cairan, dan varises
– Meningkatkan kekuatan otot, yang bisa mencegah sakit punggung dan memudahkan persalinan
– Meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi resiko diabetes gestasional
– Membakar kalori
– Meningkatkan kualitas tidur
– Mengurangi resiko kelahiran sebelum waktu.

Berjalan kaki adalah olahraga yang memilki sedikit resiko. Pastikan Anda menggunakan alas kaki yang nyaman. Perhatikan cuaca, dan hindari kepanasan dengan tidak berjalan kaki untuk jarak yang jauh di luar ruangan saat cuaca panas dan lembab. Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari aman dan bisa dilanjutkan sepanjang kehamilan.

Berenang juga latihan fisik yang baik bagi wantia hamil. Berenang menjadi olahraga cardiovaskuler yang merenggangkan otot di lingkungan bebas gravitasi. Renang bisa meminimalisir resiko persendian terpelintir dan maslaah keseimbangan. Selama trimester pertama, lakukan renang setidkanya selama 20 menit, tiga kali dalam seminggu untuk membantu bentuk tubuh Anda tetap baik. Berenang juga bagus dilakukan pada trimester kedua dan ketiga.

Pilates merupakan olahraga yang aman untuk dilakukan selama trimester pertama dan setelahnya. Ikuti kelas pilates dan minta instruktur melakukan gerakan modifikasi selama hamil. Pilates bisa memperkuat otot dan mencegah sakit punggung ketika Anda mulai menambah berat badan. Pilates juga meningkatkan keseimbangan dan stabilitas, memperkuat otot dasar panggul untuk membantu kelahiran, dan mempercepat pengurangan berat badan setelah melahirkan.

BFI150503(3)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY