Jangan Menggendong Bayi Menghadap Depan (2)

Jangan Menggendong Bayi Menghadap Depan (2)

380
0
SHARE
Jangan Menggendong Bayi Menghadap Depan (2)
source : andalanbunda.com

KabarFemale—Berikut ini lanjutan informasi tentang alasan untuk tidak menggendong bayi menghadap depan.

Tidak menahan kepala atau leher bayi
Positional asphyxia bisa terjadi ketika bayi tidak memiliki kontrol leher dan dagunya jatuh ke dada. Bayi yang masih kecil tidak boleh berada di posisi yang mengganggu jalan pernafasan. Beberapa jenis gendongan menganjurkan bayi tidak digendong menghadap depan hingga memiliki kontrol leher atau kepala yang baik.

Menyebabkan Displasia panggul
Displasia panggul bisa terjadi karena penggunaan gendongan menghadap depan. Kadang bayi harus menggunakan alat untuk memperbaiki kondisi pinggangnya karena orangtua salah memilih produk gendongan, apakah ini sebanding dengan resikonya? Beberapa bayi ada yang awalnya tidak suka dengan posisi menghadap penggendong, tapi hanya pada awalnya, jadi jangan langsung menyerah tanpa banyak mencoba.

Displasia panggul adalah kondisi yang mempengaruhi perkembangan pola dan persendian panggul. Sebanyak 3 persen bayi baru lahir mengalaminya, tapi kondisi ini sulit terdiagnosa pada bayi yang masih kecil, jadi mungkin Anda tidak menyadarinya hingga bertahun-tahun kemudian.

Agar pertumbuhan panggul bayi sehat, ia harus punya kebebasan berada di posisi fetal. Kebanyakan gendongan menghadap depan tidak memfasilitasi posisi ini, yang terjadi adalah memaksa kaki bayi dan menempatkan tekanan pada panggul. Posisi panggul yang tidak sehat bisa menyebabkan terjadinya displasia panggul.

Sebaliknya, gendongan tradisional mendukung kaki bayi bagian atas, biasanya dari lutut ke lutut, memberi posisi yang optimal. Bayi yang terdiagnosa mengalami displasia panggul harus menghindari gendongan yang tidak memberi posisi optimal pada panggul.

Pinggang menekuk
Beberapa jenis gendongan menghadap depan memaksa tulang belakang bayi tidak lagi berbentuk “C”, dan menciptakan tekukan punggung ketika punggung bayi bersandar pada perut penggendong. Kondisi ini bisa menekan panggul bayi miring ke belakang. Gendongan semacam ini tidak hanya menekan pinggang dengan memaksa menahan beban anak pada gendongan tapi juga mengakibatkan tulang belakang menyerap kekuatan pada tiap kali terjadi gerakan.

Tidak baik untuk punggung penggendong
Membawa beban dengan tulang belakang menekuk akan membuat Anda mangalami nyeri punggung bawah. Menggendong bayi menghadap depan bukan posisi yang terbaik. Posisi memeluk bayi adalah posisi yang lebih alami.

Jadi apa alternatif yang lebih baik? Jangan khawatir, ada banyak sekali jenis gendongan yang bisa memastikan posisi yang sehat untuk tubuh bayi yang sedang berkembang. Ketika datang ke toko perlengkapan bayi, coba beberapa jenis gendongan untuk memastikan mana yang paling nyaman untuk Anda dan si kecil.

 

AFI150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY