Inilah Proses Kehamilan yang Menakjubkan

Inilah Proses Kehamilan yang Menakjubkan

213
0
SHARE
© britannica

KabarFemale—Hubungan seks antara seorang pria dan wanita dewasa dapat dengan mudah berkemungkinan mengakibatkan wanita hamil. Tentu saja hal ini jika dilakukan tanpa dilibatkannya penggunaan alat kontrasepsi.

Bagi Anda pasangan yang baru saja menikah tentu saja hasrat segera memiliki momongan sangat di-idam idamkan. Tetapi tahukah Anda bagaimana sih sebenarnya proses terjadinya sebuah kehamilan? Berikut adalah ulasan mengenai proses kehamilan yang sangat menakjubkan untuk kita tahu:

1. Pertemuan sel sperma dan sel ovum

Proses kehamilan yang pertama adalah diawali dengan perjalanan sel sperma hingga masuk ke sel ovum. Dalam keadan normal umumnya pria melepaskan sekitar 100 juta hingga 120 juta sel sperma dalam sekali ejakulasi. Namun hanya aka nada 1 yang berhasil masuk ke sel ovum.

2. Pembuahan

Selanjutnya adalah proses pembuahan. Proses ini biasanya berlangsung dalam kurun waktu 1 minggu atau setelah calon ibu mengalami menstruasi atau sekitar 14 hari sebelum masuk pada masa menstruasi berikutnya. Inilah dimana masa subur seorang ibu. Pada masa pembuahan sel sperma yang dapat tertangkap oleh sel ovum selanjutnya akan berkembang dan membelah diri yang kemudian berjalan menuju ke Rahim.

3. Implantasi

Setelah 7 sampai 10 hari proses pembuahan, selanjutnya adalah proses implantasi dimana embrio atau calon bayi akan menempel pada dinding rahim. Disinilah masa-masa kritis yang menentukan keberhasilan dari sebuah kehamilan.

4. Perkembangan embrio

Setelah proses implantasi, embrio yang melekat pada Rahim selanjutnya akan terus tumbuh dan berkembang yang akan membentuk menyerupai rambut-rambut, fungsinya adalah untuk menyerap nutrisi yang berguna untuk perkembangan calon bayi. Setelah 5 hari sel telur akan bergerak keluar dari indung telur dan mulai proses pembentukan syaraf.

Setelah itu embrio sudah berganti menjadi janin yang kemudian akan membentuk jaringan otak dan sumsum, yang diteruskan dengan proses pembentukan organ vital seperti jantung, otot, hingga pembuluh darah. Selama proses pembentukan itu tali pusar sang ibu akan terbentuk plasenta dengan sendirinya yang kemudian berfungsi menjadi lapisan penutup janin. Plasenta ini sendiri mulai tumbuh pada 3 minggu usia kehamilan.

5. Perkembangan janin menjadi bayi

Proses kehamilan selanjutnya adalah perkembangan janin menjadi bayi. Dalam dunia medis biasanya bayi akan mulai terlihat pada usia kehamilan 3 minggu yang kemudian dibagi menjadi beberapa tahap yaitu tahap trimester pertama, trimester kedua, dan trimester ketiga. Dlam 3 tahap ini bayi akan terus tumbuh dan berkembang hingga proses kelahiran.

 

BFI1502015

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY